Translate

Minggu, 04 Juni 2017

GR-50 Tutorial: Tone Editing



Bulan lalu kita telah mempelajari bagaimana cara edit patch dalam GR- 50, kini kita akan melanjutkan mempelajari langkah-langkah mengedit arsitektur "tone", unit terkecil yang membentuk patch dalam GR-50.

Memilih Tone Yang Akan Diedit
Untuk mengedit "Tone" harus dilakukan dalam patch yang disetup dengan mode [Mode=lst single]. Untuk latihan ini kita akan menggunakan patch 88 (Soft Rhodes). Kita akan menggunakan "Tone" yang sederhana, dalam hal ini [a02:AcouPiano2] dan menyimpan hasil editan kita ke dalam patch nomor 88. Berikut langkah-langkahnya:
I) Dalam mode PLAY, gunakan tombol BANK dan NUMBER untuk memanggil patch 1-88:

Play 1A. 1-88

Soft Rhodes

2) Tekan tombol INT maka layar akan berubah menjadi:

INT stA mod 1-88

Mode=lst single 

3) Tekan tombol PARAM A UP satu kali sehingga layar berubah menjadi seperti berikut:

INT stA lst 1-88

a09:SoftRhodes 

4) Gunakan tombol VALUE DOWN untuk memilih "Tone" a02 atau AcouPiano2:

INT stA lst 1-88

a02:AcouPiano2 

5) Simpan patch hasil edit ini untuk langkah selanjutnya supaya kita tidak perlu mengulang-ulang langkah di atas. Bila Anda lupa cara menyimpan/save patch, silakan baca kembali artikel bulan lalu bagian "Menyimpan Patch Yang Baru Dibuat".
Sekarang kita telah memiliki sebuah patch yang berisi sebuah "Tone", di mana "Tone" tersebut terdiri atas dua 'partial': satu PCM wave dan satu gelombang berbentuk persegi (square wave). Kita akan mendengarkan masing-masing partial ini secara terpisah untuk memahami bagaimana bunyi AcouPiano2 terbentuk dan memahami cara kerja LA synthesis.

Cara Mendengar Partial PCM
I) Mulai dengan unit dalam mode PLAY, pilih patch nomor 88 yang barusan kita edit
2) Tekan tombol INT, dan kemudian tekan tombol PARAMETER A hingga tampilan layar seperti berikut:

INT stA lst 1-88

a02:AcouPiano2 

3) Untuk dapat mengedit "Tone", Patch Internal edit harus memilih salah satu senar (string select). Untuk itu tekan tombol STRING hingga tulisan stA (string All) berubah menjadi angka [1-6] seperti layar berikut: 

INT st4 lst 1-88

a02:AcouPiano2 

Untuk "Tone" AcouPiano2, kita akan memilih senar ke-4 [st4]. Ingat senar yang Anda pilih (st1-senar high E, st2-senar B, st3-senar G, dan seterusnya). Kita hanya akan dapat mendengarkan suara pada senar yang dipilih.
4) Tekan tombol +PAGE untuk mengakses menu [Tone Edit]:

ToneEditCommon

Name=AcouPiano2

5) Tekan tombol PARAM A beberapa kali hingga Anda mencapai halaman [Partial Mute]:

ToneEditCommon

PartialMute=1100

6) Tekan tombol PARAM B untuk berpindah di antara keempat partial dan tekan tombol VALUE untuk menset Partial on [1] atau off [0] sehingga hanya partial pertama yang on:

Tone Edit Common

PartialMute=1000

Perhatikan bahwa ketika Anda memainkan senar ke-4, Anda hanya mendengarkan bagian awal suara piano yang sangat singkat. Ketika Anda memainkan senar gitar selain senar ke-4 Anda mendengar suara piano original yang belum diedit. Hal ini disebabkan karena pada senar ke-4 partial kedua telah di-off-kan (muted), sehingga Anda hanya mendengarkan bagian PCM yang dihasilkan oleh partial pertama.
7) Tekan tombol STRING satu kali kemudian gunakan tombol PARAM A untuk mengakses halaman [WG PitchCors]:

T.Edit*Partial l

WG PitchCors= C5

8) Tekan tombol PARAM B hingga Anda mencapai halaman PCM:

T.Edit.Partial l

PCM= 34:AcPianoL


Pada halaman ini Anda dapat menggunakan tombol VALUE untuk mengganti partial PCM dan meng-audisi semua gelombang PCM yang ada dalam GR-50. Ketika Anda puas mendengarkan semua suara PCM yang ada, pilih satu PCM yang paling Anda sukai dan lanjutkan ke bagian berikut.
Mengedit Bentuk Gelombang Synthesizer
I) Gunakan tombol PART untuk kembali ke layar [Tone Edit*Common], dan tombol PARAM A untuk kembali ke halaman [Partial Mute]:

Tone Edit*Common

PartialMute=1000

2) Sekarang gunakan tombol PARAM B dan tombol VALUE untuk me-mute partial pertama, dan mengaktifkan partial kedua:

Tone Edit*Common

PartialMute=0100

Mainkan beberapa nada pada senar ke-4 yang sekarang hanya menggunakan satu partial dengan bentuk gelombang synthesizer. Jika Anda membandingkan suara senar k-4 dengan senar lainnya, yang memiliki partial PCM dan synthesizer, Anda akan menyadari betapa jauh perbedaannya. Sekarang kita kembali ke senar ke-4, dan mari edit beberapa parameter dari gelombang synth untuk mendengarkan bagaimana perubahannya.
3) Tekan tombol PART dua kali, sehingga tampilan layar terbaca [Partial 2] kemudian tekan tombol PARAM A button hingga muncul tulisan [TVF Freq] pada layar:

T.Edit.Partial 2

TVF Freq    = 76 

Gunakan tombol VALUE UP dan DOWN untuk mengubah nilai parameter TVF dan dengarkan bagaimana teksture suara berubah.
4) Sekarang gunakan tombol PARAM A untuk mengakses [TVA-ENV TKF], gunakan tombol PARAM B hingga Anda menemukan [TVA-ENV T5]:

T.Edit.Partial 2

TVA-ENV T5  = 64 

Semakin tinggi nilai parameter ini, perhatikan bahwa semakin lama waktunya suara akan berhenti walau senar gitar sudah tidak bergetar. Parameter ini sering juga disebut "release".
Tentunya masih banyak lagi parameter lainnya yang dapat diatur untuk mengubah karakter suara suatu "Tone". Kita baru saja mulai menggali kemungkinan desain suara dengan alat ini, dan bila Anda terinspirasi dengan konsep yang ditawarkan, Anda akan menikmati bagaimana Anda menciptakan suara synthesizer gitar Anda. Mari kita kembali ke menu [Tone Edit Common] dan mengaktifkan kembali partial yang telah kita off-kan tadi, sehingga kita dapat mendengarkan "Tone" akhir yang kita kehendaki.
1) Tekan tombol PART hingga Anda kembali ke layar [Tone Edit Common], dan dengan menggunakan tombol PARAM A kembali ke (Partial Mute]:

Tone Edit*Common

PartialMute=0100 

2) Gunakan tombol PARAM B dan tombol VALUE untuk mengaktifkan satu persatu partial yang ditandai dengan angka 1 untuk mendengarkan bagaimana setiap tambahan partial menambah tingkat kompleksitas suatu "tone". Jika Anda sudah mengaktifkan keempat partial, maka tampilan layar akan seperti berikut:

Tone Edit*Common

PartialMute=1111

3) Jika Anda merasa menyukai "Tone" yang barusan Anda buat, mungkin Anda akan menamainya dan menyimpannya dalam memory GR-50. Untuk memberi nama "Tone", gunakan tombol PARAM A untuk pindah ke layar [Name]:

Tone Edit*Common

Name =AcoPiano2

4) Gunakan tombol PARAM B untuk memindahkan kursor, dan tombol VALUE untuk mengubah huruf pada nama. Sesudah itu barulah Anda dapat menyimpan "tone" ke dalam memory.
Menyimpan Tone Yang Sudah Diedit Ke Dalam Memory
Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, ada empat bank atau kelompok tone dalam GR-50, yakni [a], [b], [r] and [i.]. Bank atau kelompok [a], [b] and [r] adalah tone preset yang tersimpan dalam memory permanen. Bank atau kelompok [i] adalah tempat tone yang dapat ditulis atau hapus. Semua tone yang ada dalam semua bank bisa diedit, namun tone yang telah diedit hanya dapat disimpan ke dalam bank [i] (atau [c] bila Anda memiliki kartu memori Roland.
Ketika Anda membuat "Tone" Anda, Anda mungkin akan menyimpannya, pilih lokasi "Tone" yang Anda tidak ingin pakai lagi untuk menyimpan "Tone" Anda yang baru. Ketika Anda sudah memilih lokasi "Tone"  dalam bank [i]:
1) Sementara "Tone" hasil editan Anda masih berada dalam buffer edit GR-50, tekan tombol WRITE:

Tone Write to i??

2) Gunakan tombol GROUP, BANK dan NUMBER untuk memilih lokasi yang Anda kehendaki dan tekan tombol ENTER. GR-50 akan bertanya bila Anda benar-benar ingin menyimpan "Tone" Anda:

Tone Write to i??

Sure? 

3) Jika Anda memang yakin maka tekan tombol WRITE sekali lagi, dan jika muncul layar [memory protect], tekan tombol ENTER sekali lagi. Tampilan pada layar akan muncul [complete] dan kemudian kembali ke mode edit.
Untuk informasi lebih lanjut tentang mengedit "Tone" dalam GR-50, Anda dapat membaca halaman 81 hingga 107 dari buku manual. Dan bila Anda menghadapi kesulitan dan ingin bertukar pikiran, silakan menulis dalam komentar di bawah ini, semua komentar akan saya usahakan untuk dibalas.

Sekian dan sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar