Translate

Senin, 01 Mei 2017

GR-50 Tutorial: Patch Editing


Untuk memudahkan pada saat permainan gitar, kita dapat memprogram konfigurasi tone untuk masing-masing senar gitar dalam sebuah patch dan menyimpannya dalam memori. Patch ini menjadi 'sound' dari gitar kita dan 'internal memory' dari GR-50 dapat menyimpan 64 patch atau 64 sound. Setiap patch menyimpan informasi tentang nama patch, setting reverb, kurva velocity, pilihan tone untuk masing-masing senar (satu senar bisa terdiri atas dua Tone), mode tone dan sensitifitasnya, key shift, fine tune, chromatic on/off, output level, Pan, dan MIDI.

Mengaudisi Bunyi atau 'Tone' GR-50
GR-50 memiliki 256 preset tone. Untuk mendengarkan ke 256 tone ini, kita akan masuk ke mode internal edit dan mengubah-ubah pilihan tone dalam sebuah patch. Untuk melakukan hal ini berikut langkah-langkahnya:
1. Pilih patch pertama (I-11) dalam GR-50 dengan nama Pedal Steel
    Gambar 1: Patch Internal-Satu Satu
2. Tekan tombol 'internal edit' yang diberi label INT. Tampilan LCD akan berubah menjadi:

INT stA mod I-11

Mode=lst sinqle 

 

Bila tampilan bagian atas tidak menunjukkan [stA] yang artinya string All (semua senar gitar), maka gunakan tombol STRING untuk mengganti [st1] - [st6] menjadi [stA]. Jika tampilan bagian bawah tidak menunjukkan [mode=] gunakan tombol PARAMETER A untuk menggulung ke atas atau ke bawah sampai parameter 'Mode' muncul. Jika tampilan parameter 'Mode' bagian bawah tidak menunjukkan [1st single] gunakan tombol VALUE untuk memilih pilihan yang sesuai untuk parameter 'Mode'.
 3. Sekarang, tekan tombol PARAM A UP satu kali sehingga tampilan berubah menjadi seperti berikut:

INT stA 1st I-11

a64:PedalSteel  

 4. Dengan menggunakan tombol VALUE, kita dapat mengganti-ganti dan mendengarkan ke-256 tone yang tersusun ke dalam empat kelompok bank (a, b, r, dan i) yang masing-masing tediri atas 64 tone.
GR-50 Preset Tone Chart
Perlu dicatat di sini bahwa bank [a], [b], dan [r] berisi preset tone yang tidak dapat diedit atau dihapus. Sedangkan bank [i] berisi tone yang dapat kita program. Ingat selalu untuk membackup data Anda ke komputer sebelum mengedit sesuatu.

Membuat Patch Sederhana
Berikut ini mari kita membuat suatu patch yang menggunakan dua tone, yakni Electric Piano (a05) dan Slow Strings (b01) sebagai suaranya.
  • Tekan tombol PLAY untuk kembali ke mode PLAY maka tampilan LCD akan kembali ke: 

Play IA- 1  I-11

Pedal Steel     

  • Tekan tombol INT, untuk mengedit patch I-11: 

INT stA mod I-11

Mode=1st single 

Jika tampilan Anda tidak sama di atas, tekan tombol PARAM A sampai muncul parameter [Mode]. 
  • Gunakan tombol VALUE UP untuk memilih mode tone menjadi Dual seperti berikut:

INT stA mod I-11

Mode=Dual       

Beberapa mode tone yang dapat dipilih antara lain: [Dual] yang berarti patch tersebut menggunakan dua lapis tone sebagai suaranya, [Velo Switch] yang berarti GR-50 akan membunyikan tone pertama bila petikan gitar Anda lembut dan membunyikan tone kedua bila petikan gitar Anda menjadi lebih keras, [Velo X-fade] mirip velo-switch di mana tone pertama akan fade out dan tone kedua fade in sesuai keras lembutnya permainan gitar Anda, dan [Velo Mix] berarti tone kedua akan ditambahkan ke tone pertama bila permainan gitar Anda semakin keras.
  • Sekarang tekan tombol PARAM A UP satu kali sehingga tampilan akan seperti:

INT stA 1st I-11

a64:PedalSteel  

  • Gunakan tombol VALUE DOWN untuk mengubah tone pertama menjadi a05:

INT stA 1st I-11

a05:ElecPiano1  

  • Tekan tombol PARAM A UP sekali lagi untuk memilih tone kedua:

INT stA 2nd I-11

r02:ClsdHiHat2  

  • Gunakan tombol VALUE DOWN untuk memilih tone b01 sebagai tone kedua:

INT stA 2nd I-11

b01:SlowStrngs  


Anda baru saja selesai membuat sebuah patch baru yang menggabungkan Electric Piano dengan  Slow Strings sebagai suaranya. Pada titik ini kita dapat memberi nama untuk patch baru, kemudian mengatur efek reverb yang sesuai dengan tone yang telah kita pilih dan terakhir harus menyimpan patch buatan kita ini ke dalam memori GR-50 untuk sewaktu-waktu dapat dipanggil.

Memberi Nama Patch
  • Tekan tombol edit Patch Common yang diberi label COM. Tampilan layar LCD akan berubah seperti berikut:

COM Name    I*11

Pedal Steel     

  • Ketika tombol PARAM B ditekan, ia akan memindahkan cursor ke kanan atau ke kiri. Tombol VALUE akan mengubah huruf di atas cursor. Gunakan cara ini untuk mengubah nama patch menjadi:

COM Name    I*11

E.P. & Strings  


Memprogram Efek Reverb
  • Tekan tombol PARAM A UP satu kali:

COM         I*11

Reverb Type =  4

  • Gunakan tombol VALUE untuk memilih reverb nomor tiga (Medium Hall):

COM         I*11

Reverb Type =  3

  • Gunakan tombol PARAM A UP sekali lagi untuk memilih reverb time, dan gunakan tombol VALUE untuk mengubah reverb time dari 5 menjadi 8:

COM         I*11

Reverb Time =  8

  • Terakhir, gunakan tombol PARAM A UP dan VALUE untuk mengubah reverb level sesuai dengan selera Anda:

COM         I*11

Reverb Level=  3


Menyimpan Patch Yang Baru Dibuat
  • Tekan tombol WRITE. Tampilan LCD akan berubah menjadi:

Patch Write     

to I-11         

Jika Anda akan menimpa [Pedal Steel] yang ada di I-11, maka lanjutkan ke tahap berikutnya. Jika Anda akan menyimpan patch baru ini ke dalam lokasi yang berbeda, maka gunakan tombol GROUP, BANK, dan NUMBER untuk memilih lokasi lain.
  • Tekan tombol ENTER maka untuk konfirmasi akan muncul [Sure?]:

Patch Write     

to I-11    Sure?

  • Tekan tombol WRITE sekali lagi dan tampilan LCD menjadi:

Memory Protected

Turn off once ? 

  • Tekan tombol ENTER untuk menyimpan patch baru ke memori internal. Bila karena sesuatu alasan Anda ingin membatalkan semuanya, dan tidak ingin menekan tombol ENTER, maka cukup tekan tombol PLAY untuk batal dan kembali ke mode PLAY.
Dengan mengutak-atik settingan patch di atas, diharapkan kita dapat lebih memahami apa saja yang dapat kita lakukan dengan patch GR-50. Silakan mencoba semua parameter yang ada dalam sebuah patch dan lihat apakah Anda akan memiliki ide baru untuk sound gitar Anda? Jika saya hendak membuat sebuah patch yang mengubah tuning gitar saya otomatis menjadi open G tuning, apakah Anda bisa membayangkan bagaimana membuat patch tersebut?

Dengan patch GR-50, kita bukan saja hanya dapat memprogram sound untuk gitar kita, namun juga memprogram transpose atau alternate tuning jika perlu.

Referensi:
Roland GR-50 Tutorial, by Scott B. Summers, Paul Young blood, Ernie Rideout, Copyright @ 1991 RolandCorp US Communications Department.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar