Translate

Sabtu, 06 Agustus 2016

Roland GK System VS MIDI


Ini kabel MIDI atau kabel GK?
Di kalangan gitaris, sampai saat ini masih sering terdapat salah kaprah tentang sistem GK dari Roland. Pickup hexaphonic, seperti Roland GK-3, BUKAN pickup MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Pickup hexaphonic hanyalah sebuah pickup yang terdiri dari enam buah pickup humbucker biasa – masing-masing satu pickup untuk satu senar. Karena gitar umumnya memiliki enam senar, makanya pickup hexaphonic berisi enam pickup terpisah.

Sebuah gitar dengan GK-3 atau gitar yang “GK Ready” yang memiliki keluaran 13-pin bukan gitar MIDI. Semua gitar yang memiliki konektor 13-pin (Godin, Brian Moore, Fender, dan sebagainya) BUKAN gitar MIDI. Gitar-gitar ini adalah gitar “GK ready”, yang artinya gitar ini dapat dihubungkan dan digunakan dengan produk Roland seperti GR-55, VG-99, Boss GP-10 dan produk-produk dengan konektor 13-pin lainnya. Bukan hanya gitaris, musisi, jurnalis, bahkan pabrikan dan salesman alat musikpun banyak yang tidak dapat membedakan antara divided pickup dengan MIDI.


Gitar Processor dengan masukan 13-pin
Roland GR-55, Antares ATG-1, Spicetone 6Appeal, Boss GP-10, Roland GR-S 
Memang ada beberapa gitar yang pernah dibuat dengan keluaran MIDI (artinya di dalam gitar ini terdapat konverter sinyal gitar ke MIDI seperti contoh gambar di bawah), namun gitar tersebut tidak cukup sukses atau populer. Gitar MIDI tersebut tidak bisa dihubungkan, apalagi digunakan dengan perangkat seperti Roland GR-55, VG-99, Boss GP-10, atau perangkat GK System lainnya.

Gitar MIDI (dari kiri ke kanan): SynthAxe, Casio DG-20, Starr Labs Rock Controller, dan You Rock Guitar YRG-1000
Keluaran dari pickup hexaphonic yang sebenarnya adalah: hanya berupa enam sinyal gitar analog diumpankan ke perangkat seperti GR-55, dalam perangkat inilah yang kemudian akan mengolah keenam sinyal gitar tersebut secara terpisah sebelum dikeluarkan ke port Output atau mengubah keenam sinyal gitar tersebut menjadi sinyal MIDI untuk dikeluarkan ke port MIDI Out (atau port USB). Ingat, GR-55 (atau Boss GP-10) yang membuat MIDI, bukan GK-3.

Sedikit Sejarah:
Roland adalah perusahaan yang pertama kali memperkenalkan sistem dengan pickup hexaphonic (atau biasa juga disebut divided pickup) dan perangkat kompatibelnya. Mereka menggunakan istilah "GK" untuk merujuk berbagai model produk yang menggunakan sistem ini. Sejak itu, kabel dan konektor 13-pin yang digunakan oleh perangkat GK Roland menjadi standard industri dan kini dipakai oleh berbagai perusahaan lainnya. Makanya, saat ini  istilah "GK-compatible", "GK-ready" atau "Roland-ready" sering digunakan untuk merujuk pada perangkat yang cocok (compatible) dengan standard ini, artinya perangkat ini dapat saling dihubungkan dan digunakan tanpa masalah.

Kenapa disebut pickup Hexaphonic atau Divided?
Hexaphonic berasal dari kata hexa yang artinya enam dan phonic yang artinya bunyi atau suara. Jadi pickup jenis ini sebenarnya adalah enam buah pickup terpisah di dalam satu kemasan yang mana setiap pickup dimaksudkan masing-masing hanya untuk menangkap getaran bunyi satu senar saja.

Divided yang berarti terpisah atau terbagi, menunjukkan bahwa pickup jenis ini menghasilkan keluaran yang terpisah untuk masing-masing senar gitar.

Perbedaan pickup Standard vs Hexaphonic


Teknologi DSP (Digital Signal Processing) dalam perangkat sistem GK memanfaatkan teknologi pickup hexaphonic untuk melakukan keajaibannya dan menghasilkan emulasi berbagai model gitar yang akurat, tuning alternatif, maupun bunyi synthesizer. Kemampuan untuk mengolah sinyal gitar secara polyphonic inilah yang memungkinkan semuanya ini terjadi.

Dengan pickup hexaphonic, kita terbebaskan dari keterbatasan pickup konvensional yang monophonic (sinyal gitar dengan satu keluaran) dan memungkinkan kita memasuki dunia dengan pengolahan sinyal secara polyphonic, di mana sinyal masing-masing senar gitar dapat diolah secara terpisah dan paralel. Hal-hal yang tadinya mustahil kita lakukan pada gitar kini dapat dilakukan, misalnya dengan menghubungkan gitar kita ke DAW atau mixer via Boss GP-10, kita dapat merekam atau mengolah masing-masing sinyal senar gitar pada track/channel terpisah. Atau menghubungkan gitar dengan konverter gitar ke MIDI (seperti Roland GR-55 atau Boss GP-10) untuk memainkan perangkat MIDI lainnya (seperti M-Audio Accent Module atau VST softsynth yang ada dalam komputer kita). Atau sambil bermain gitar, merekam partitur dalam komputer menggunakan software yang sesuai.

Tambahan pickup hexaphonic pada gitar yang juga memiliki pickup konvensional memberikan gitaris pilihan untuk memilih apakah akan menggunakan pickup normal, atau pickup hexaphonic, atau kedua-duanya.

Kesimpulan
Memberi nama suatu produk atau sistem dengan dua huruf saja seperti "GK", mungkin bukan ide yang bagus.

Pickup GK, gitar GK ready, atau sistem GK bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan sistem MIDI, tetapi GK bukan MIDI. Bila Anda hanya tertarik dengan MIDI, maka alih-alih menggunakan sistem GK, lebih baik Anda membeli Fishman TriplePlay MIDI pickup.

Pickup MIDI Fishman TriplePlay (atas) dan pickup Roland GK (bawah)
Roland GK system membuat gitar konvensional Anda menjadi gitar luar biasa, sistem ini tidak mengubah gitar Anda, tetapi menambah kemampuan gitar Anda. Anda tetap bisa bermain gitar dengan cara dan teknik lama yang Anda sukai, namun sistem GK Roland membuka cakrawala baru untuk mengolah sinyal gitar Anda dengan cara yang mutakhir bila Anda kehendaki.

Jadi, apakah Anda gitaris yang sudah puas dengan perangkat gitar konvensional atau Anda tertarik untuk menjelajah dunia polyphonic?

Sumber:
http://www.rackvax.com/support/knowledgebase/36-faq/49-faq/?tmpl=component&print=1&page=#1
http://www.sweetwater.com/sweetcare/articles/clearing-up-roland-midi-guitar-synth-modeling-confusion/
http://www.vguitarforums.com/smf/index.php?topic=8394.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar