Translate

Selasa, 01 September 2015

Modifikasi Roland G-707 untuk digunakan bersama Boss GP-10 (Revisi artikel bulan lalu)


Setelah mengamati dan mempelajari lebih jauh rangkaian G-707 dan membandingkan dengan rangkaian divided pickup Roland GK-3 serta rangkaian bus converter Roland BC-13, maka saya kembali melakukan operasi terhadap gitar G-707. Kali ini saya lebih 'berani' karena telah memahami detail rangkaian G-707 ini serta cara kerjanya terhadap Boss GP-10.

Untuk Anda yang ingin juga memodifikasi gitar 24-pin, khususnya Roland G-707 untuk dapat mengendalikan guitar synth dengan masukan 13-pin, khususnya Boss GP-10, maka berikut ini caranya:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Dua buah transistor DTC114
  • Satu buah resistor 18 kOhm
  • Satu buah soket DIN 13-pin
  • Pelat panel untuk memasang soket DIN 13-pin serta baut dan mur yang sesuai
  • Kabel-kabel penghubung
Bila transistor DTC114 jenis NPN switching dengan 2 buah resistor 10k dalam kemasan TO-92 ini sulit ditemukan, bisa diganti dengan persamaannya: SRC1202/N, FJN3302R  KSR1002 (Fairchild), KRC102M (KEC), DTC114ES (Rohm), RN1202 atau RN1002 (Toshiba).

Pelat panel bisa dibuat menggunakan pelat logam yang tidak terlalu keras supaya mudah dikerjakan dengan rotating tool Dremel, sementara soket DIN 13-pin bisa diperoleh dari Peter Harris aka Gumbo di: http://www.vguitarforums.com/smf/index.php?topic=8888.msg83190#msg83190

Langkah-langkah:
  1. Keluarkan papan rangkaian (PCB) G-707 dari gitar
  2. Copot resistor R40 dan R41 pada PCB (lihat letak resistor ini di PCB pada gambar 1)
  3. Sambungkan dengan kabel kaki potensio VOLUME VR6 ke kaki nomor 7 IC4 seperti petunjuk pada gambar 1 di bawah ini (lihat garis hijau pada gambar 1 bagian kanan bawah)
  4. Lepaskan kaki potensio BALANCE VR4 dari PCB (yang diberi lingkaran merah pada bagian bawah gambar 1) dan sambungkan dengan kabel ke kaki nomor 7 IC2. Langkah ini bisa diabaikan bila Anda tidak perlu Balance seperti pickup original Roland GK-3 yang tidak memiliki pot balance.
  5. Ganti resistor R21 yang bernilai 1 kOhm dengan resistor 18 kOhm
  6. Sambungkan transistor-transistor DTC114 seperti pada gambar 1.
  7. Sambungkan soket DIN 13-pin ke PCB seperti tampak pada gambar 1 bagian kiri atas (disekitar soket konektor G2 dan G3).
Gambar 1: Modifikasi pada PCB G-707 serta urutan kaki transistor DTC114
Penjelasan
Volume gitar diatur oleh potensiometer VR6 dengan nilai 500k dan 50k. Bagian VR6 yang bernilai 50k ini sebenarnya untuk menghasilkan tegangan DC untuk Master Volume synthesizer. Namun cara kerja guitar synth moderen tidak mengenal sinyal tegangan DC untuk Master Volume maupun tegangan Guitar Volume, sehingga bagian VR6 yang bernilai 50k ini tidak berguna lagi (perhatikan gambar 3).

Sementara itu sinyal gitar out yang diperkuat oleh separuh IC4 diteruskan langsung ke pin-18 konektor 24-pin lewat G3 kaki nomor 5 tanpa pembagi tegangan karena volumenya nantinya akan diatur oleh prosesor synthesizer tersendiri (GR-700) berdasarkan tegangan GT VL (Guitar Volume). Untuk Boss GP-10, kita harus bisa mengatur sendiri sinyal gitar out yang berasal dari pickup normal ini langsung dari gitar, maka keluaran sinyal gitar dari kaki nomor 7 IC4 kita lewatkan ke pembagi tegangan bagian VR6 yang bernilai 50k. Resistor R40 dan R41 kita copot dari rangkaian karena tidak perlu dan voila... bagian VR6 yang bernilai 50k ini menjadi pengatur volume untuk sinyal gitar kita.

Pada keluaran rangkaian pengatur volume terdapat potensiometer stereo VR4 yang dirangkai saling berlawanan arah sehingga berfungsi sebagai tombol Balance. Lihat keluaran dari wiper VR4 ini masing-masing menjadi pembagi tegangan untuk SYN VOL (tegangan DC pengatur volume synthesizer) dan GT VL (tegangan DC pengatur sinyal gitar). Karena modifikasi yang telah kita lakukan di depan, maka keluaran SYN VOL dan GT VL ini bukan lagi tegangan DC, melainkan sinyal gitar yang kita ambil dari setengah IC4. Jadi sinyal dari GT VL ini bisa kita pakai langsung sebagai sinyal GUITAR OUT untuk disambungkan ke konektor DIN 13-pin kaki nomor tujuh.
Untuk konektor DIN 13-pin kaki nomor delapan (SYNTH VOL) kita tetap butuh tegangan DC. Untuk itu satu kaki dari potensiometer VR4 perlu diputuskan dari tempatnya yang telah berubah menjadi jalur sinyal gitar, dan dipindah-hubungkan ke keluaran tegangan DC yang ada, dalam hal ini kita hubungkan ke keluaran rangkaian COF CV (Filter Cut Off Control Voltage).
Gambar 2.
Jadi dengan memutar VR4 ke satu arah, sinyal gitar di GT VL akan membesar sementara tegangan DC di SYN VOL akan mengecil. Demikian pula sebaliknya bila VR4 diputar berlawanan arah dari putaran semula, maka sinyal gitar di GT VL akan mengecil sementara tegangan DC di SYN VOL akan membesar, persis seperti yang kita harapkan.
Gambar 3.
Dari penjelasan di atas sudah tersirat bahwa kita akan menggunakan rangkaian COF sebagai sumber tegangan DC untuk konektor DIN 13-pin kaki delapan. Sebenarnya selain rangkaian COF, kita bisa saja gunakan rangkaian EDIT/RES atau TPCV sebagai sumber tegangan DC kita, namun karena posisi tombol VR3 di bodi gitar dekat dengan bridge dan mudah dijangkau, maka kita akan gunakan tombol Cut Off Filter ini sebagai tombol GK Volume (fungsi tegangan DC pengendali ini bukan semata-mata pengatur volume pada Boss GP-10, namun bisa diprogram untuk mengendalikan berbagai parameter efek atau synthesizer/modeling).

Spesifikasi Roland untuk tegangan pengendali DC yang dibutuhkan pada konektor 13-pin kaki delapan adalah mulai dari 0 sampai dengan 5 volt. Untuk menjaga supaya bila potensiometer VR3 ketika diputar maksimum tidak akan mengeluarkan tegangan lebih dari 5 volt, maka resistor R21 harus diganti nilainya menjadi 18 kOhm (lihat gambar 4 di bawah pada kotak warna merah). Bila resistor ini tidak diganti, maka bila VR3 diputar ke kanan sampai maksimum, maka tegangan DC pada titik COF CV atau SYN VOL bisa mendekati tegangan power supply +7volt yang akan membuat modul synthesizer tidak akan bekerja normal, dalam hal Boss GP-10, akan muncul peringatan untuk menghubungkan kabel GK. 
Gambar 4.


Selanjutnya untuk fungsi saklar S1 dan S2 dapat kita peroleh dari rangkaian sekitar saklar MODE (lihat gambar 4). Saklar MODE G-707 bekerja dengan logika terbalik (inverted) dari saklar S1 dan S2 Roland GK-3. Untuk itu kita gunakan transistor DTC114 sebagai saklar inverter yang dirangkai seperti gambar 1 di atas.

Bila transistor ini sulit diperoleh, kita dapat mengubah rangkaian saklar MODE pada gambar 4 dengan:
  • mencopot R18 dan menghubungkan kaki tengah saklar MODE ke ground.
  • mengganti resistor R19 dan R20 dengan dua buah kapasitor masing-masing bernilai 10nF
  • menghubungkan kaki III (MODE 1) dan kaki I (MODE 2) ke konektor 13-pin kaki 10 (S1) dan kaki 11 (S2) masing-masing dengan resistor 1kOhm.
Untuk penggunaan saklar ini, kita harus secara manual mengembalikan posisi saklar ke tengah, bila tidak, maka modul synthesizer akan menganggap kita menekan tombol S1 atau S2 secara terus-menerus. Dengan modifikasi ini maka fungsi kontrol G-707 akan menjadi seperti gambar 5 kanan.

Gambar 5. Kiri: Fungsi tombol kontrol G-707 original, kanan: setelah modifikasi
Opsi Lainnya

Mod di atas yang menggunakan potensio Balance sebagai output memiliki perbedaan kerja dari standard Roland GK-3 atau GK-2a, di mana output GK Volume selalu terkait dengan Volume pickup gitar normal, sehingga kalau menggunakan GK Volume untuk mengatur parameter selain volume synth, maka perlu diset bahwa parameter maksimum ada pada posisi GK Volume di 50%.

Bila hal ini tidak dikehendaki dan Anda lebih suka kontrol Volume gitar dan GK Volume terpisah seperti pada Roland GK-3 atau GK-2a, maka langkah nomor empat modifikasi di atas dapat diabaikan dan sinyal GITAR OUT (konektor DIN 13-pin kaki nomor 7) disambungkan langsung ke soket G3 pin 5 pada PCB, serta GK Volume (konektor DIN 13-pin kaki nomor 8) disambungkan langsung ke soket G2 pin 6 pada Roland PCB G-707.

Initial Setup dan Testing

Setelah modifikasi, gitar G-707 ini perlu diset supaya bekerja dengan optimal. Dengan asumsi gitar telah disetting dengan benar: tuning, intonasi dan actionnya, serta jarak semua senar ke pickup pada saat senar dijepit pada fret ke-22; baik normal PU (2,5 - 3,0 mm ) maupun divided PU (sekitar 0,5 -0,8 mm), hubungkan output 13-pin gitar ke input GK Boss GP-10. Atur setelan GK (GK Settings) sesuai petunjuk pada buku manual Boss GP-10 halaman 3:
  • GK Type: GK-2A 
  • GK Scale: ST
  • GK Distance1-6: jarak antara divided pickup dengan roller bridge (sekitar 19 mm)
  • GK Sensitivity1-6: setel kepekaan divided pickup G-707. Pada Boss GP-10 saya set ke angka 19). Sambil membunyikan semua senar gitar, perhatikan masing-masing output divided pickup. Bila perlu, atur/putar masing-masing trimpot yang terdapat pada PCB G-707 sesuai dengan urutan senar, supaya sinyal keluaran semua senar sama kuat atau seimbang.
Sepintas lalu gitar Roland G-707 ini tampak dari luar masih seperti original, kecuali soket konektornya telah berubah menjadi DIN 13-pin, namun karena papan elektroniknya sudah dimodifikasi maka dapat digunakan untuk men-drive Boss GP-10.

8 komentar:

  1. Hi There: I just got a GR-707, a guitar that I love to have since I was in my 20's , now I'm 50. I have Roland Gr-55 and a Fender roland Strat ready, but I love to play with the 707, and as we all know, cable 24 pin or BC-13 not available, I was reading this post and the guitar after the modification look very good, All this really work well? I'm not 100% sure if due this modification will work, and I don't wanna destroy a god guitar 707, Do you have any YouTube video of the modification, or any video using this modified 707 to share? Thank you and best regards.
    Benny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Benny,

      Thanks to stop by here, and congratulations on your G-707. If you read this blog and the blog a month before this blog, you will understand that this is my second attempt to mod the guitar circuit. Although the first attempt didn't work well and we may consider it a failure, but I would not delete the article, because we can learn a lot there.
      My second attempt, which I wrote into this article work very well, and I have tested it with my GP-10 and recently with my Roland GR-50.
      If you look carefully, this electronic circuit changes actually can be reversed back without any harm to the guitar, unlike if you replace the original pcb and install a Roland GK-3 internal kit, which I found many G-707 owner did.Of course to mod the pcb you have to be handy with soldering iron and electronics.
      I have never been doing video tutorial or youtube, but to answer your request, I will try to find a day, maybe next week, to record a short video demoing my G-707 into GR-50. So stay tuned and finger crossed.

      See you.

      Hapus
    2. Hi, the demo video is online now at: https://youtu.be/U_dUEIYIbQ8

      Hapus
  2. Hi Yohanes : I found your message from the Facebook Roland G-707 ,do you still have G-707 24 pin cable to sell ? I'm looking for a age, thanks ! - Jimi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Jimi, I still have the cable and the connector part from the guitar including the RRC (8 pin) cable. How much your asking? Please PM me.

      Hapus
    2. Hi Yohanes: I send mail to your yahoo.com please check,

      Hapus
    3. Hi Jimi, I am travelling, will reply your e-mail after back home tomorrow. Thanks.

      Hapus
  3. Here is an interesting mod from 24-pin to 13-pin for Roland G-505:
    http://gtrworks.nl/roland-g-505-13pin-connector/

    BalasHapus