Translate

Senin, 01 September 2014

"Noise" Dilarang Lewat!

Noise, dengung, atau bunyi bising yang tidak dikehendaki sering menyertai sinyal gitar listrik, terutama yang menggunakan pickup single coil, hal ini bisa sangat mengganggu apalagi bila telah melewati efek booster atau overdrive yang ikut menguatkan noise tersebut. Jauhi perangkat elektronik yang dapat memancarkan gelombang radio yang dapat ditangkap oleh gitar Anda, atau posisikan gitar agar noise yang tertangkap seminim mungkin. Namun bila tetap saja ada noise yang tidak dapat dihilangkan, maka cara terakhir adalah dengan menggunakan noise gate atau noise suppressor.
Dalam unit Zoom G3X kita diberi tiga pilihan unit penekan noise, yakni:
  1. ZNR (Zoom Noise Reduction)
  2. NoiseGate, dan
  3. DirtyGate




Tidak banyak keterangan tentang ketiga efek ini, bahkan dalam buku petunjuk Zoom G3X halaman 40 dan 41 hanya menyebutkan bahwa:
  • ZNR adalah penekan noise unik yang memangkas noise dalam jeda-jeda permainan gitar tanpa mempengaruhi tone atau suara gitar
  • NoiseGate adalah gerbang noise yang memangkas bunyi selama gitar berhenti dimainkan
  • DirtyGate adalah gerbang model antik yang menampilkan fitur cara menutup yang memiliki karakter tersendiri.
Informasi yang sangat minim dan tidak jelas ini tentunya tidak cukup buat kita untuk menentukan penekan noise mana yang akan kita gunakan, atau tepatnya kapan dan kondisi apa kita memilih penekan noise yang satu dan bukan yang lain?
Apalagi masing-masing penekan noise ini hanya memiliki dua pengaturan yang sangat sederhana yaitu:
  • THRSH atau threshold untuk mengatur kepekaan efek untuk mulai bekerja, Mengatur THRSH terlalu rendah akan membuat noise yang cukup kuat tetap bisa lewat dan sebaliknya terlalu tinggi akan membuat nada-nada yang lemah akan terpotong.
  • Level untuk mengatur kuat sinyal keluaran dari efek ini
Khusus ZNR, memiliki knob tambahan yang tidak dimiliki NoiseGate dan DirtyGate, yaitu DETCT untuk menentukan titik deteksi sinyal masukan apakah sinyal pada masukan gitar atau sinyal pada masukan ZNR.

Dari ujicoba langsung dengan ketiga efek penekan noise tersebut, penulis mendapatkan kesan sebagai berikut:
  1. Untuk penekan noise serba guna dan paling ampuh adalah ZNR. Sesuai namanya, noise reduction dan bukan noise gate, maka ZNR akan secara kontinyu dan perlahan-lahan mengurangi background noise yang ada. Tombol THRSH bekerja seperti volume control khusus untuk noise tanpa mempengaruhi sinyal gitar. Semakin besar nilai THRSH maka semakin kecil bunyi noise yang tersisa.
  2. NoiseGate bekerja persis seperti pintu untuk noise, tentukan sinyal gitar yang paling lemah yang ingin kita mainkan (loloskan) dengan menyetel THRSH setinggi mungkin namun petikan gitar yang paling lembut tetap masih dapat membuka pintu noise tersebut (setel THRSH ke 25 atau maksimum lalu petik nada gitar selembut yang akan Anda mainkan, bila tidak ada suara yang keluar dari ampli Anda, turunkan nilai THRSH sedikit demi sedikit dan ulangi lagi petikan nada yang paling lembut dalam lagu yang akan Anda mainkan, sampai petikan nada tersebut keluar pada ampli Anda). Untuk tetap menjaga sinyal sustain tidak terpotong, NoiseGate akan menutup kembali masukannya bila level input sudah menurun sesuai waktu dan level yang telah ditentukan oleh Zoom.
  3. Prinsip kerja DirtyGate hampir sama dengan NoiseGate hanya saja sepertinya pintu DirtyGate tidak menutup dengan "rata", rasanya seperti masih ada kerikil-kerikil kecil (sisa-sisa noise) yang masih diizinkan lewat sedikit sebelum pintu masukan akhirnya benar-benar tertutup.
Untuk penekan noise yang transparan tanpa memberi efek samping pada sinyal gitar kita, maka ZNR adalah yang terbaik. Saya tidak bisa membedakan bunyi gitar dengan ZNR dan tanpa ZNR, kecuali dengan ZNR suara gitar menjadi benar-benar bersih tanpa noise sama sekali.

Umumnya penekan noise diletakkan sesudah efek jenis drive dan sebelum efek jenis modulasi atau berbasis waktu seperti delay dan reverb, namun Anda dapat bereksperimen dengan ketiga penekan noise ini untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk musik keras seperti rock atau metal, DirtyGate sangat cocok dipasang sebelum efek yang menggunakan penguatan tinggi (efek jenis drive seperti: MetalWRLD, Z Wild, ExtremeDS, atau amp modeling seperti: Alien atau Revo-1). Permainan lead solo yang membutuhkan sustain panjang tidak akan (terlalu) terpotong oleh DirtyGate karena kita dapat mengatur THRSH serendah mungkin dengan cara:
  1. Pada Zoom G3X: buat patch baru dengan efek pertama adalah NoiseGate, disusul efek distorsi misalnya MetalWRLD. Aktifkan kedua efek ini dan biarkan dalam preset default (Anda dapat menambahkan efek lainnya pada slot 3 sampai 6 kemudian).
  2. Pada gitar: geser saklar pickup selector ke posisi pickup yang akan Anda gunakan dan buka volume gitar sampai maksimum.
  3. Redam senar gitar dengan tangan kiri dan pastikan gitar tidak berbunyi, hanya tinggal dengung atau noise yang akan kita eliminasi. Putar tombol THRSH pada efek DirtyGate mulai dari angka 0 perlahan-lahan ke angka maksimum 25. Pada titik tertentu noise dari gitar akan mulai hilang (dengan pickup single coil, setelan THRSH saya pada angka 5 masih menyisakan sedikit fluktuasi suara kasar yang terdistorsi). Naikkan satu angka lagi sehingga DirtyGate benar-benar menutup masukannya/tidak terdengar noise lagi dari ampli (untuk gitar saya persis pada angka 6).
  4. Kini Anda dapat memainkan lead gitar Anda dan tahan pada not yang Anda kehendaki dan biarkan sustain sampai habis, DirtyGate akan membiarkan sinyal gitar Anda lewat sampai detik-detik terakhir. Distorsi sinyal gitar dicampur dengan noise dengung kecil yang sempat lewat menghasilkan efek suara yang kasar sebelum sustain habis/menghilang.
Setelah puas mengutak-atik DirtyGate dan ZNR, rasanya sudah malas mencoba NoiseGate, tujuan utama untuk mendapatkan suara gitar yang bersih sudah dapat dicapai dengan sangat memuaskan menggunakan ZNR. apakah Anda punya pendapat lain tentang NoiseGate? Silakan berbagi pada bagian komentar di bawah.
Terima kasih dan sampai jumpa.

14 komentar:

  1. Gan mo tny ane klo pake ZOOM G3X suaranya ada yang kepatah itu kenapa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak memahami pertanyaannya, bisa diperjelas maksudnya seperti apa?
      Apakah suara yang "kepatah" selalu terjadi atau hanya pada patch tertentu?
      Mungkin unit G3Xnya rusak?

      Hapus
  2. Thanks atas informasinya gan,, saya hobby main gitar & kebetulan effect yg baru saya beli adalah Zoom G3X. Td jg sempat ngalamin kebingungan saat menggunakan noise gate pd patch 1 & Effect Lead pd patch 2, saat saya mainkan tapping pd sekitar fret 12(nada tinggi) kok serasa suara yg keluar kepotong" gitu sempet saya otak atik kadang berhasil tp terkadang jg kumat lagi dan suara sustain itu terpotong secara janggal. Saya belum coba & explore lebih jauh yg ZNR & Dirty Gate. thanks atas pengetahuan baru yg diberikan gan karena saya masih newbie dan jauh dari hebat maka saya perlu banyak bimbingan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, senang mendengar pengalaman Anda. Silakan berbagi pengalaman Anda menggunakan noise gate Zoom G3X di sini, mungkin aja bisa membangkitkan inspirasi bagi kita semua dalam memanfaatkan efek-efek yang ada pada alat ini.
      Salam gitar!

      Hapus
    2. Hai Pompy, setelah membaca ulang komennya saya terpikir bagaimana kalau coba tambahkan compressor sebelum noise gate, untuk memastikan tappingnya menjadi konstan dan sinyal input ke noise gate menjadi stabil?

      Hapus
  3. Mas, mau tanya dong, gimana ya cara nya setting pedal di zoom g3x,jadi saya mau di chanel yg ms crunch, pedal nya di fungsikan sebagai pedal volume, bukan pedal modulasi, makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lukas,
      Bila maksudnya channel Ms Crunch adalah patch H4 (Ms Crunch) pada Zoom G3X, maka untuk menset pedalnya supaya mengatur volume dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni menggunakan software Zoom Edit&Share (G3X terhubung ke komputer via kabel USB) atau secara langsung dengan menekan tombol TOTAL pada G3X.

      Dengan menggunakan Zoom Edit&Share
      1. Hubungkan G3X dengan kabel USB ke komputer yang terinstall program Zoom Edit&Share
      2. Nyalakan G3X dan jalankan program Zoom Edit&Share.
      3. Pada User Area di program Zoom Edit&Share, pilih patch yang ingin diedit, dalam hal ini pilih patch H4
      4. Pada bagian Editor (layar bagian atas dari program Zoom Edit&Share) geser ke kanan hingga ke posisi paling kanan, akan terlihat gambar icon OUTPUT Vol CTRL Pedal, nah click icon tersebut
      5. Akan muncul pop up menu dengan 19 pilihan. Menu ini berisi fungsi yang akan kita kenakan pada pedal ekspresi G3X untuk patch H4 tersebut. Untuk mengfungsikan sebagai pedal volume maka pilih OUTPUT VOLUME
      6. Untuk memastikan setting yang kita inginkan ini tersimpan permanen dalam G3X, jangan lupa click tombol STORE yang terletak pada layar paling kanan.

      Bila Anda tidak memiliki komputer atau program Zoom Edit&Share, maka dapat dilakukan langsung pada unit G3X dengan cara:
      1. Nyalakan G3X dan pilih patch H4 (Ms Crunch)
      2. Tekan tombol TOTAL yang terletak pada bagian atas G3X
      3. Tekan tombol PAGE yang ada di atas layar LCD bagian tengah sampai tab CTRL SW/PDL yang terpilih (bukan CHAIN)
      4. Pada layar LCD paling kanan akan muncul tulisan PDL DST (yang maksudnya Pedal Destination). Nah, putar-putarlah knob nomor 1 di bagian bawah layar paling kanan tersebut sampai Anda menemukan tulisan OUTPUT VOL.
      5. Tekan kembali tombol TOTAL untuk keluar dari menu patch editor tanpa mensave settingkan tersebut, atau tekan tombol STORE/SWAP untuk save dan keluar dari menu patch editor.

      Demikian cara settingannya, semoga sukses.

      Hapus
    2. Oke mas, trimakasih banyak ya, God bless

      Hapus
  4. hai bang yohanes..
    saya ingin tanya sedikit tentang G3x.
    saya selalu kelama'an jika memindah bank di G3x. harus di tekan, di tahan agak lama. padahal di channel ini 6 line udah kepake semua. 1). ZNR 2). Equalizer 3). delay 4). crunchr 5). Wah 6). stereo..
    pertanyaan saya, apakah bisa 6 tadi di jadi'in 1 trus 5 tempat yg kosong kan bisa aku setting buat distorsi atau yg lainNya. mohon bimbinganNya bang ya & terimakasih banyak jika anda sudi menjawab pertanyaan dari newbe ini. Dan minta maaf jika perumpamaan penyebutan "bank", "line" dan channel bukan pada tempatnya. karena masih newbe banget, hehehe. sekali lg trimakasih banget bang Yohanes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Klymbru,

      Zoom G3X hanya bisa 6 efek dalam satu patch atau preset, jadi bila ke-enam slot dalam patch tersebut sudah terpakai seperti yang Klymbru sebutkan, maka tidak ada cara lain bisa ditambah lagi efek distorsi atau lainnya (kecuali menambah di luar Zoom G3X).

      Istilah bank, patch, atau preset memang kadang rancu, namun dalam hal tertentu bisa berarti beda. Contohnya pada Zoom G3X patch disimpan dalam urutan: A0-A9, B0-B9, dan seterusnya, dan kita bisa lompat dari A1 ke misalnya B1 tanpa harus melewati A2, A3, A4, dst karena berbeda bank. Jadi patch A1 atau A2 dst bisa disebut berada dalam bank A dan B1 ada dalam bank B.

      Di lain pihak, Boss GP-10 menyimpan patch/presetnya dalam urutan nomor 01 sampai 99. Dalam hal ini Boss GP-10 tidak memiliki bank, namun hanya patch atau preset 01 sampai 99. kita tidak bisa lompat dari patch 01 ke misalnya patch 11, melainkan harus berpindah secara berurut dari 01, 02, 03,... terus sampai 11.

      Terima kasih juga sudah mampir dan bertanya, semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  5. Saya pake efek g3n
    Kenapa suara outputnya noise ya?
    Saat gitar tidak dipetik memang gitar tidak noise karena saya pakai znr
    Tapi saat saya petik,padahal sustain saya belum hilang noise sudah muncul.
    Jadi noise muncul saat gitar juga bunyi
    Tapi pada saat2 akhir
    Ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya mungkin di gitar Anda yang noisy. Coba by-pass G3Nnya apakah memang suara gitar berdesis atau berdengung? jika ya, itu perlu diperbaiki dulu.

      Jika tidak, kemungkinan kedua adalah Anda menggunakan efek distorsi gain tinggi yang juga menguatkan noise kecil. Untuk itu coba pindahkan DETCT pada ZNR ke sebelum distorsi yang Anda pakai, pindah-pindahkan sampai titik yang terbaik menurut Anda. Selamat mencoba.

      Hapus
  6. Terima kasih, sudah mau membagikan tentang sedikit dari ilmunya. God bless u

    BalasHapus