Translate

Kamis, 26 Mei 2016

Wireless (GK Ready) Guitar


Bagi Anda yang menggunakan Boss GP-10 atau Roland GR-55, pernahkah terpikirkan untuk memiliki sebuah alat penghubung pickup hexaphonic ke perangkat GP-10/GR-55/VG-99 secara nirkabel atau wireless? Apalagi bila mengingat kabel GK bisa cukup bermasalah, mahal, dan sulit diperoleh.

Gitar dengan pickup hexaphonic membutuhkan kabel (GK) khusus dengan inti 14 kawat penghantar di mana 7 di antaranya adalah sinyal gitar (6 sinyal dari pickup hexaphonic dan 1 dari pickup normal/standard) serta 3 saluran kendali untuk GK volume dan dua kendali saklar S1/S2.

Dibutuhkan sebuah sistem multiplexing tujuh saluran sinyal audio plus saluran khusus untuk sinyal kendali yang dipancarkan lewat gelombang radio dan sebuah penerima radio yang dapat men-decode sinyal yang diterima kembali menjadi tujuh saluran audio dan sinyal kendali untuk diteruskan ke keluaran DIN 13-pin.

Harald Milz (http://www.muc.de/~hm/music/Wireless-GK/) memaparkan proyek converter sinyal gitar hexaphonic ini secara digital dan transceiver untuk merealisasikan konsep wireless GK guitar ini pada tahun 2001. Namun kini banyak alternatif teknologi yang lebih modern. Lalu kenapa belum ada yang membuat alat semacam GK nirkabel?

Mungkin pasar atau peminat untuk sistem "wireless 13 pin" terlalu kecil, yang mana dari total pasar gitar, persentase gitaris yang menggunakan GK dan MIDI hanya sebesar 0.01%. Dari sekian kecil persentase gitaris tersebut, bila ingin menggunakan gitar hanya untuk sebagai MIDI controller terdapat pilihan Fishman TriplePlay wireless MIDI pickup, yang fungsinya berbeda dengan GK pickup. Bisa dibayangkan kalau masih ada yang membuat alat GK nirkabel, maka hanya karena 'passion' bukan karena profit.
Fishman TriplePlay bukan GK pickup
Rocky KoplĂ­k dari Czech telah berhasil membuat GK Wireless System seperti dipublikasikan di websitenya: http://www.kapela-gibon.cz/roland-gr55-wireless-system/#. Bahkan alat ini telah dapat dibeli dengan harga sekitar USD 700 lewat Ebay.


Alat tersebut hanya dapat mengirim sinyal gitar hexaphonic, sementara kendali untuk GK volume serta saklar S1/S2 tidak dapat berfungsi melalui alat wireless tersebut.


Selain Rocky Koplik, Anda juga dapat mengikuti diskusi dengan komunitas Vguitarist tentang kemungkinan teknologi GK nirkabel di: http://www.vguitarforums.com/smf/index.php?topic=2588.100.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar