Translate

Kamis, 25 Desember 2014

MetalWorld


MT-2 Metal Zone™ adalah salah satu pedal buatan Boss yang paling populer sejak diperkenalkan pada tahun 1991. Menurut Boss, stompbox ini menghasilkan nada distorsi yang paling top dan paling gila sedunia—dengan mid dan low yang tebal dan suara ultra-jenuh yang disukai para gitaris metal (termasuk gitaris Dangdut). Beberapa fiturnya sebagai berikut:
  • Suara distorsi yang luar biasa dengan keunikan rangkaian penguatan dua lapis.
  • Menghasilkan sustain yang panjang dengan mid dan low yang berat
  • Ekualiser tiga band dengan kontrol mid yang semi-parametric
Ingin mencoba bermain-main dengan MT-2 Metal Zone™, maka saya keluarkan kotak perkakas serbaguna, Zoom G3X. Di dalamnya saya temukan MetalWRLD, efek yang mensimulasi Boss MT-2 Metal Zone™ minus ekualiser tiga bandnya.


Dari skema rangkaian elektronik MT-2 Metal Zone™ (yang saya temukan di www.hobby-hour.com/electronics/s/boss-mt2-metal-zone.php), terlihat bahwa dalam stompbox ini terdiri atas dua bagian, yakni bagian distorsi dan bagian pengatur nada seperti skema blok yang saya buat berikut ini:

Diagram blok bagian atas merupakan bagian distorsi sementara blok bagian bawah merupakan bagian tone control atau pengatur nada. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam kotak pedal MT-2 Metal Zone™ terdapat dua rangkaian yakni distorsi Metal Zone itu sendiri ditambah ekualizer.

Efek MetalWorld memiliki pengaturan parameter sbb:
  • Gain: untuk mengatur penguatan sinyal atau besarnya distorsi (sama dengan knob DIST pada Metal Zone)
  • Tone: untuk mengatur nada (mewakili knob HIGH pada Metal Zone)
  • Level: untuk mengatur level keluaran (sama dengan knob LEVEL pada Metal Zone)
Karena aslinya Metal Zone memiliki pengaturan nada semi ekualiser, jadi untuk mengemulasi stompbox MT-2 Metal Zone™ kita perlu menambah efek ParaEQ, sesudah MetalWRLD.
Patch yang saya beri nama MZ-2

Untuk mengemulasi knob LOW pada Metal Zone, kita atur Freq1 ke 100Hz, Q1=1, dan gain sebagai knob LOW yang dapat kita atur-atur sesuai keinginan.

Untuk knob MID FREQ, kita pakai Freq2 untuk mengatur antara 200 Hz sampai 5kHz, Q2 kita tetapkan ke 4 dan Gain2 sebagai knob MIDDLE.

Patch yang terdiri atas MetalWRLD dan ParaEQ ini bisa kita save dengan nama patch sesuai keinginan kita untuk dapat dipanggil sewaktu-waktu bila kita membutuhkan Metal Zone (saya beri nama patch ini MZ-2).

Setelah mencoba bermain-main dengan efek ini, hasilnya cukup memuaskan. Pada kesempatan kali ini saya tidak bisa mengomentari bagaimana efek MetalWRLD dibanding dengan Boss Metal Zone MT-2 aslinya, namun saya mencoba membandingkan dengan Metal Zone yang terdapat pada Boss GP-10 (cukup valid mengingat Boss yang menciptakan stompbox Metal Zone).

Parameter Metal Zone yang terdapat pada Boss GP-10:
Drive: sama seperti gain pada Zoom G3X
Tone: sama seperti Tone pada Zoom G3X
Level: mengatur volume efek
Bottom: mengatur besarnya nada rendah
D. Level: untuk mengatur volume suara langsung (direct)
Solo Sw: untuk mengubah ke suara yang cocok untuk permainan solo
Solo Lv: untuk mengatur volume ketika dalam posisi solo

Dari pengamatan sekilas, kedua efek ini (MetalWRLD dan Metal Zone GP-10) memiliki karakter suara yang hampir sama. Jadi kesimpulan saya efek MetalWRLD dari Zoom G3X ini dapat mensimulasikan stompbox Boss MT-2 dengan baik. Mungkin bila saya bisa meminjam unit asli Boss MT-2 akan saya coba bandingkan kembali dan menganalisa bentuk gelombang dari sinyal Boss MT-2 dengan sinyal dari efek MetalWRLD untuk memastikan bagaimana akurasi simulasi Zoom G3X ini dibanding dengan perangkat aslinya. Namun untuk saat ini, sangat memuaskan!

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Mohon maaf, komentarnya masuk dalam spam filter dan baru saya lihat.

      Untuk skemanya bisa dicari di Schematic Unlimited dot com.

      Boss MT-2 ada di link berikut: http://www.schematicsunlimited.com/b/boss/boss-mt2-metalzone-eqdist-schematic

      Salam.

      Hapus