Translate

Minggu, 25 Mei 2014

Efek Tremolo Pada Zoom G3X

Tremolo memiliki beberapa arti yang berbeda, namun dalam kaitannya dengan efek gitar elektronik, maka tremolo berarti efek gitar yang dengan teratur dan cepat mengatur volume sinyal gitar membesar dan mengecil, menghasilkan efek suara yang 'gemetar'.

Efek ini banyak dijumpai dalam berbagai lagu top dari zaman dulu, contohnya seperti: Gimme Shelter oleh The Rolling Stones (1969), Heart of Glass-nya Blondie (1978), Turbo Lover oleh Judas Priest (1982), How Soon is Now? oleh The Smiths (1984), album Rhythmeen oleh ZZ Top (1996)...

Tremolo dari Zoom G3X didesain untuk melengkapi gitaris dengan efek tremolo klasik dengan tombol pengatur "Depth," "Rate," "Level" dan "Wave" tersendiri seperti banyak dijumpai pada pedal stompbox kompak.




Tombol Depth (0-100 persen) berguna untuk mengatur seberapa dalam modulasi suara tremolo terjadi. Bila Depth diatur ke 0, maka tidak terjadi modulasi (efek tremolo seolah-olah dibypass), sebaliknya bila diset ke 100, maka nada yang dimainkan akan sangat bergetar atau terputus-putus.

Tombol Rate (0-50) berguna untuk mengatur kecepatan efek tremolo ini. Bila diset ke 1 maka kecepatannya sama dengan 1Hz atau 1 kali perdetik, dan 50 sama dengan 10Hz atau 10 kali perdetik. Bila tombol rate ini diputar melebihi 50 maka muncul pilihan bagi kita untuk dapat menyesuaikan rate ini dengan tempo musik yang sedang kita mainkan dengan tanda angka berubah menjadi simbol not musik (kecepatan beat-nya dapat diatur dengan tap tempo).

Tombol Level (0-150) seperti biasa berguna untuk mengatur level keluaran.

Tombol Wave (UP0-9, DWN0-9, TRI0-9) berguna untuk memilih bentuk gelombang modulasi. Gelombang UP berbentuk segitiga yang menanjak, DWN berupa segitiga menurun, dan TRI adalah bentuk gelombang segitiga simetris menaik dan menurun.

Untuk memudahkan memahami fungsi tombol Wave ini maka saya gunakan signal generator untuk mengumpan Zoom G3X dengan sinyal sinusoidal yang amplitudonya konstan pada input gitar. Depth saya atur ke 100 dan Rate ke 1 (silakan perhatikan tiga gambar berikut).



Pada gambar a, Wave diset ke UP0 dan tiap periode diganti hingga UP9. Demikian juga dengan gambar b, Wave diset ke DWN0 dan tiap periode diganti hingga DWN9. Dan gambar c, Wave diset ke TRI0 dan tiap periode diganti hingga TRI9.

Dari gambar tersebut di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa UP9, DWN9, dan TRI9 boleh dikatakan menghasilkan efek yang sama, yakni gelombang modulasi berbentuk segiempat (SQUARE). Jadi bila kita ingin memilih efek tremolo yang kasar atau persegi kita dapat memilih TRI9 pada Zoom G3X ini.

Yang membuat Tremolo Zoom G3X ini unik dan tidak dimiliki kebanyakan unit tremolo stompboxes lain adalah bahwa semua parameternya dapat di-assign untuk diatur menggunakan expression pedal built-in!

Contohnya dengan menunjuk expression pedal untuk mengatur tombol Depth, kita dapat membypass efek tremolo dari Zoom G3X dengan menginjak pedal full ke belakang (Depth = 0) dan mengaktifkan efek ini secara ekspressif dengan menginjak pedal ke depan.

Anda dapat juga bereksperimen dengan menggunakan dua efek tremolo ini yang dirangkai secara seri (yah... sayang sekali Zoom G3X tidak memungkinkan kita merangkai efek secara paralel). Coba set tremolo pertama dalam rangkaian dengan rate yang cepat misalkan 50. Tremolo kedua diset dengan rate yang lebih lambat misalnya 10 untuk menghasilkan 'pulsa' tremolo lambat yang memodulasi tremolo lebih cepat. Anda dapat juga memilih Depth dan Wave yang berbeda antara kedua Tremolo tersebut untuk menghasilkan efek yang sesuai dengan komposisi musik yang Anda mainkan.

Apakah Anda sering menggunakan efek tremolo dalam permainan gitar Anda? Bila ya, mungkin Anda akan jatuh cinta dengan efek tremolo dari Zoom G3X ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk memaksimalkan penggunaan Zoom G3X kita. Bila pembaca ingin saya membahas efek tertentu dari Zoom G3X pada artikel saya yang berikutnya, silakan beri komentar di bawah. Sampai jumpa di bulan depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar