Translate

Senin, 16 Desember 2013

Zoom G3X Multiefek Gitar Listrik pilihan untuk gitaris pemula (maupun profesional).



Multiefek gitar buatan Jepang ini menjadi unik ketika sebagai pemain gitar, Anda membutuhkan multiefek pedal yang powerful namun praktis digunakan.

Ukuran fisik yang kompak, fitur yang banyak, harga yang relatif murah, serta sound yang tidak mengecewakan, sangat cocok buat kita yang suka latihan di kamar ataupun merekam lewat komputer.

Sebagai pemula, efek yang akan kita operasikan haruslah mudah digunakan. Stompbox sangat mudah digunakan dan praktis buat latihan di kamar, namun efek yang dihasilkan hanya satu macam sesuai fungsinya dan bila membeli beberapa unit stompbox, akhirnya akan menjadi lebih mahal dan ribet antar-koneksinya.

Lalu kenapa saya memilih Zoom G3X, bukan Digitech, Boss, Line 6, Korg, dll? Berikut beberapa kelebihan yang membuat Zoom G3X menjadi pilihan tepat buat gitaris pemula dibanding multiefek lainnya:

  • Dapat dioperasikan menggunakan baterai. Zoom G3X membutuhkan 4 buah baterai AA alkaline untuk dapat bekerja lebih dari 6 jam. (Boss ME-70 membutuhkan 6 buah baterai AA alkaline, kebanyakan multiefek lainnya membutuhkan adaptor listrik baru bisa berfungsi)
  • Memiliki USB port, sebagai audio interface ke komputer (Line 6 POD HD 500 memang memiliki port input output yang super lengkap, namun harganya hampir tiga kali lipat Zoom G3X dan sayangnya tidak dapat dioperasikan dengan baterai)
  • Harga rp 1.800.000 sudah termasuk Drum machine dan looper. Satu-satunya multiefek yang memiliki semua fitur seperti di atas namun lebih murah adalah Zoom G3. Kekurangan dari Zoom G3 ini adalah tidak adanya expression pedal built in. Selisih harga G3X dengan G3 yang tidak sampai lima ratus ribu rupiah saja membuat pilihan jelas jatuh ke G3X (sebuah unit expression pedal seperti Yamaha FC-7 bisa berharga paling sedikit mendekati satu juta rupiah). 
  • Mudah untuk dipelajari/dioperasikan. Zoom G3X dapat dioperasikan layaknya Anda memiliki 6 buah stompbox yang dijejer di lantai. Tiap stompbox dapat dijejer sesuai urutan yang Anda kehendaki dan parameter tiap stompboxnya dapat diatur langsung menggunakan tombol putar fisik yang ada pada G3X. Kebanyakan multiefek yang mahal memiliki fitur yang sangat banyak dan kompleks hingga dibutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari hingga dapat menguasai semuanya. Fitur-fitur itupun belum tentu akan digunakan apalagi oleh gitaris pemula/amatir.
  • Desain yang kompak. Dengan ukuran 175 x 323 x 66 mm dan berat cuma 1,6 kg, unit ini bisa digunakan di atas meja.
Selain itu, hal-hal standard yang selayaknya sudah ada pada sebuah multiefek sejak dulu tidak diabaikan oleh Zoom G3X adalah:

  1. built-in tuner. Rasanya tidak ada multiefek yang tidak memiliki tuner (untuk membantu menyetem gitar)
  2. Bodi terbuat dari logam sehingga tahan terhadap kerasnya dunia panggung dan tidak mudah rusak.
  3. Stereo output jack, serta output untuk headphone. Dua keluaran ini adalah wajib, artinya ini bukan fitur, tetapi kelengkapan yang sudah harus ada pada setiap unit multiefek. Bedanya hanya terletak pada apakah output headphonenya juga merangkap sebagai output L/mono atau ada colokan khusus untuk headphone.
  4. Control input untuk dihubungkan dengan external footswitch atau expression pedal. Adanya colokan ini memungkinkan kita untuk mengatur volume output dengan pedal atau mengatur tempo drum machine, looper, efek (delay atau reverb) dengan men-tap footswitch (menginjak-injak dengan kecepatan yang kita inginkan).

Tentu semua fasilitas yang dibutuhkan oleh gitaris profesional juga ada pada Zoom G3X ini, sehingga Anda tidak perlu kuatir bila permainan gitar Anda telah mencapai tingkat lanjut, multiefek ini akan tetap dapat menjadi teman Anda baik untuk dihubungkan dengan mixer rekaman dalam studio melalui konektor XLRnya atau untuk dihubungkan bersanding dengan stompbox atau efek-efek lainnya melalui jack input.

Bagaimana pendapat Anda tentang unit ini? Silakan beri komentar di bawah. Tulisan-tulisan saya berikutnya akan membahas lebih jauh tentang Zoom G3X ini, sampai jumpa.

132 komentar:

  1. Ampli yg cocok untuk efek ini apa ya bang? Murah tapi ga murahan kayak si Zoom G3X ini?

    BalasHapus
  2. makasih yaaa broo, ane baru beli. cuma ngerti make loopersma drum machine'a doang. skrg jd lebih paham deeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama bro, saya juga baru belajar, semoga bisa saling sharing.

      Jangan lupa berkunjung lagi, bulan April ini saya coba bahas tentang kompressornya G3X, ada tiga model bingung pilih yang mana nih.

      Hapus
  3. Makasih mas bro buat infonya...banyak membantu buat saya yang masih newbie...klo boleh minta share dong patchnya buat lagu rock kaya creed atau britpop muse..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patch seperti Creed atau Muse mungkin tidak ada, tapi coba dicek di http://guitarpatches.com/patches.php?unit=G3 untuk patches lainnya, mungkin ada yang sesuai?

      Hapus
    2. Trims infonya mas...

      Hapus
  4. Mo tnya ini G3X klo update firmwarenya aman g y?mohon infohnya Email : bwj_theone@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update firmware G3X relatif mudah dan cepat, asal ikuti petunjuknya (dalam file pdf yang ikut serta pada saat download file zip firmware) dan backup patch yang sudah dibuat ke dalam komputer.

      Hapus
    2. Aman ga y gan klo udah terupdate takutnya suka eror mohon pencerahannya.

      Hapus
    3. Pertama kali saya terima Zoom G3X saya langsung update firmwarenya dari versi 2.0 ke versi 2.1 dan sampai sekarang tidak ada masalah. Bila ragu-ragu dan tidak ingin update firmware, Anda tetap dapat menggunakan versi 2.0 tanpa kekurangan fitur apapun. Perbedaan versi 2.0 dengan 2.1 menurut website Zoom adalah cuma menambah support Windows 8 dan USB3, serta memperbaiki bug suara cymbal yang kadang tidak bunyi pada saat menjalankan drum machine internal.
      Demikian semoga cukup jelas.

      Hapus
    4. Mungkin saya mo coba firmware aslinya dl, sembari cari2 kekurangannya klo ad baru saya update.Gan terima kasih info2nya.

      Hapus
  5. Mantap Blognya gan yohanes,saya tertolong apalagi yg pemula pemakai ZOOM G3X,Lanjukan review dan ilmu2nya yg biar di share.Saran buat di blog ini untuk share patch antar pengguna ZOOM G3/G3X/G5.Ane mo tnya biar gampang klo scroll efek tanpa harus pencet pakai tangan ad g y tipsnya?jd ckp pake kaki aju udh dapat 6 effect dan klo service center ZOOM dmn y di indonesia.Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, saya senang bisa berbagi tentang gitar listrik, apalagi bila bermanfaat buat pembaca.

      Untuk bisa scroll efek dalam satu patch dengan pakai kaki bisa dilakukan seperti bila kita scroll bank. Caranya: kita harus berada dalam menu/mode Home (bila terlanjur ada dalam menu Patch, silakan injak saklar kaki nomor 1 selama tiga detik untuk kembali ke menu Home). Kemudian injak saklar kaki nomor 1 dan 2 secara bersamaan untuk bergeser/scroll ke kiri atau injak saklar kaki nomor 2 dan 3 secara bersamaan untuk bergeser/scroll ke kanan.

      Service center resmi produk Zoom, coba hubungi:
      PT. Citra Intirama
      Komples Duta Merlin blok C-59
      Jl. Gajah Mada no 3-5
      Jakarta Pusat
      Phone : +62-21-63867066-20
      Email : service@citraintirama.com

      Hapus
    2. Terima kasih udh info alamatnya.Agak bingung y gan boleh di buat tutorialnya gan sama fotonya di share d sini.Oh y saya sempat google ada alat tambahan buat G5 tapi masuk di zoom G3X kira2 di jual ga y di indonesia linknya ini "http://ashbass.com/AshBassGuitar/Zoom/G5-AllModsMod/pipe5.jpg."

      Hapus
    3. Ternyata bukan untuk di jual gan tapi custom buatan sendiri ini linknya http://ashbass.com/AshBassGuitar/Zoom/

      Hapus
    4. Untuk modifikasi tambahan saklar kaki seperti itu akan membatalkan garansi resmi karena harus melubangi G3X Anda untuk membuat colokan alat tambahan tersebut. Saya juga merasa butuh saklar kaki untuk bisa scroll tanpa harus menginjak dua buah tombol sekaligus. Mungkin ini sebuah kelemahan G3X yang tidak sempat saya sebutkan di artikel di atas (waktu itu tidak terlalu bermasalah buat saya karena saya lebih banyak menggunakan komputer untuk scrolling), namun seperti kita belajar gitar, setiap rangkaian not/nada yang akan kita mainkan pasti telah kita rencanakan - setelah not ini harus diikuti not itu dengan tempo yang sesuai - sesulit apapun posisi jari kita difretboard, itulah sebabnya kita perlu latihan gitar. Demikian pula dengan semua efek gitar yang kita gunakan sudah harus direncanakan (diprogram/disiasati) dengan baik dengan segala keterbatasan alat tersebut, sampai akhirnya kita sudah pahami luar dalam alat yang kita miliki barulah kita mulai coba modifikasi atau ganti baru kalau memang tetap tidak puas. Kalau tidak kita akan menjadi korban GAS (gear acquisition syndrome).
      Jadi saran saya, kita coba pakai dulu dan sesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan G3X (dengan segala kelebihan dan kekurangannya), dan bila ternyata memang kebutuhan (atau keinginan) kita tetap tidak terpuaskan, baru kita pikirkan modifikasi (tentunya harus punya keterampilan dalam menggunakan solder), atau beli stompbox tambahan (jadi nggak perlu sering-sering scroll lagi), atau malah mengganti G3X ini dengan multiefek yang lain yang lebih canggih dan pastinya lebih mahal (dan bila Anda seperti saya lebih berbakat teknis daripada musik maka tangan ini pasti akan gatal terus untuk mengutak atik multiefek semahal apapun ketimbang latihan bermain musik he he he....)

      Hapus
    5. Benar sekali gan, mendingan perdalam dahulu fasilitas yg ditawarkan ZOOM G3X.Mentok baru di modifikasi daripada harus beli baru yang mahal harganya.Tentunya kalau sudah habis garansi..hehe

      Hapus
  6. Gan mo tny klo qta mo pake ampli yg di ZOOM G3X,untuk yang ampli aslinya itu gimana ya control volume,gain,middle,bass,treblenya?Biar keluar karakter ampli di ZOOMnya.Mohon ilmunya gan.Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut buku manualnya halaman 21 bagian empat disebutkan bagaimana setting Zoom G3X yang benar sesuai dengan perangkat yang digunakan. Bila yang kita gunakan adalah ampli gitar combo seperti Roland Cube 20 XL sebagai keluaran Zoom G3X, maka settingan untuk master output adalah Combo Front.

      Caranya, pada Zoom G3X:
      > Masuk ke menu Global dengan menekan tombol GLOBAL.
      > pada layar LCD paling kiri, putar tombol nomor 3 untuk memilih jenis output ke Combo Front
      > Keluar dari menu Global dengan menekan tombol GLOBAL kembali.

      Pada ampli gitar combo atur settingan ke suara paling bersih dan natural. Contoh pada Roland Cube pilih channel JC Clean, atur ekualiser ke posisi tengah dan volume sesuai yang dikehendaki. Biarkan Gain/suara distorsi diatur dari model ampli dari Zoom G3X.

      Baca juga artikel bulan Agustus 2014 dengan judul: Zoom G3X Amp Modeling (Part 2: Patch Setting dan Global Output Setting).

      Tentunya ini hanyalah guideline atau pedoman yang kami sarankan, namun pada situasi dan kondisi yang berbeda, telinga Andalah yang menentukan setelan yang terbaik untuk suara gitar Anda.

      Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Terima kasih banyak y gan

      Hapus
  7. Mohon infonya kalau mau beli ada referensi di toko mana yang bisa juga kasih tutor singkat tips penggunaan efek ini khususnya di jabodetabek...

    Trims untuk infonya

    BalasHapus
  8. Zoom G3X sangat simpel dan mudah digunakan, jadi mustinya semua toko bisa bantu demokan. Saya sendiri membeli di Destiny Music, Jl. Gunung Sahari Raya, Mall Mangga Dua Square, Lantai 3 blok A.011, Jakarta. Telepon 081219493269 coba saja ke sana, mereka bersedia ajarkan cara penggunaannya. Semoga membantu.

    BalasHapus
  9. Gan, cara mereset ulang efek jadi kaya baru gimana ya? Soal nya ada patch yg hilang karna waktu pas saya ngatur, bukan nya ke swap malah store, jadi double gitu chanel nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk reset Zoom G3X kembali ke factory setting dapat dilakukan dengan cara:
      1. matikan perangkat Zoom G3X
      2. sambil menekan tombol STORE/SWAP, geser saklar POWER ke posisi ON
      3. Zoom G3X akan menyala dan tampak pada layar tulisan "All Initialize"
      4. Bila yakin untuk reset, tekan tombol STORE sekali lagi, bila ragu-ragu tekan tombol apa saja selain STORE/SWAP.

      Demikian semoga membantu.

      Hapus
    2. Wah, makasih ya, sudah di coba dan berhasil mas. Btw tau toko yg jual usb untuk efek ini ga mas?

      Hapus
    3. Pakai kabel "USB type A male to USB type B male" yang biasa dipakai untuk menghubungkan printer ke komputer, bisa dibeli di toko komputer. Contohnya dapat dilihat di: "http://www.bhinneka.com/products/sku06315135/copartner_kabel_usb_printer_5m_-__biru_transparant.aspx"

      Hapus
  10. Oke, makasih mas. Sama mau nanya lagi nih, cara membuat patch atau chanel sendiri bagaimana ya? Lalu bagaimana cara nya instal patch yg ada di internet, supaya bisa di masukin ke efek ini

    BalasHapus
  11. Untuk memasukkan patch dari internet dapat dibaca pada artikel bulan Januari 2014: http://kandani.blogspot.com/2014/01/setumpuk-ampli-dan-pedal-efek-gitar-di.html bagian komentar, terima kasih.

    BalasHapus
  12. Msh bingung nih,gmn ya pake zoom g5 agar suara tebal terus panjang,gitu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal. Kalau gitarnya tanpa efek memang bisa sustain dengan baik, saran saya pakai kompresor, kemudian high gain amp atau efek distorsi, chorus dan terakhir efek delay, gimana?

      Hapus
  13. benerin lcd yg rusak di efek zoom g5 dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibawa ke service center resmi produk Zoom, coba hubungi:
      PT. Citra Intirama
      Komples Duta Merlin blok C-59
      Jl. Gajah Mada no 3-5
      Jakarta Pusat
      Phone : +62-21-63867066-20
      Email : service@citraintirama.com

      Semoga bisa diperbaiki.

      Hapus
  14. kalau buat manggung memenuhi gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk manggung tentu G3X ini bisa sekali karena selain bodinya cukup tahan banting, ukurannya yang kompak bisa menggantikan sekumpulan stompbox atau pedal board yang besar.

      Hapus
  15. Gan cara agar bisa bunyi di pc gimana , padahal edit n share sama asio nya uda d instal , uda connect nah tp g mau ngeluarin suara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zoom Edit & Share adalah software patch editor atau librarian, artinya software untuk mengedit atau mengatur patch pada G3X, jadi bukan untuk merekam atau mengeluarkan suara gitar. Untuk dapat merekam efek dari G3X, maka selain driver asionya, juga harus ada software audio workstation seperti: Sequel LE, Reaper, Sonar, dll. Semoga jelas, salam.

      Hapus
    2. cara konfigurasi buat record di reaper gimna ya min . pernah nyoba ttp masih make effek di g3 . penginnya zoom g3 cuma buat sound card aja .

      Hapus
  16. cara konfigurasi buat record di reaper gimna ya min . pernah nyoba ttp masih make effek di g3 . penginnya zoom g3 cuma buat sound card aja .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, pertanyaannya kurang saya pahami. Apakah maksudnya Anda berhasil merekam menggunakan G3 ke komputer, namun Anda tidak ingin efeknya ikut terekam? Jika betul demikian, Anda bisa mem-by pass semua efeknya.

      Namun bila Anda ingin merekam sambil mendengar efek G3 namun ingin hasil rekamannya clean hanya suara gitar tanpa efek, maka rasanya G3 tidak bisa. Dengan Boss GP-10 hal ini bisa dilakukan, Boss menyebut proses demikian dengan istilah re-amp.

      Hapus
  17. Mau nanya nih min,menurut Anda kekurangan yg pling fatal di zoom g3x ada gak??klo ad tlong di ksih pencerahany

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekurangan paling fatal? Hm, dengan harga semurah ini Anda mendapatkan setumpuk pedal efek, guitar audio interface untuk komputer, DI box, looper, drum machine, dll. Ibarat seseorang memberikan Anda hadiah sebuah gitar Fender American Deluxe, apakah Anda masih akan mempermasalahkan warna gitarnya? Mungkin tidak. Namun sebagai manusia yang tiada puasnya, saya merasa mulai bosan dengan Zoom G3x. Mungkin karena banyak efek dalam G3X yang memiliki parameter yang sama atau sound yang mirip-mirip (contohnya semua efek distorsi/overdrive seperti GreatMuff (EHX Big Muff), MetalWRLD (Boss Metalzone), OverDrive (Boss OD-1) dan seterusnya memiliki pengaturan yang sama (Gain, Tone, dan Level) padahal mustinya Metalzone memiliki pengaturan yang lebih banyak, sementara OD-1 aslinya tidak memiliki pengaturan Tone.
      Bagi saya, Zoom G3X seperti 'jack of all trade' perkakas serba bisa, namun pas-pasan. Mungkin juga karena saya telah memiliki Boss GP-10 sehingga G3X menjadi kurang "greget".

      Saya harus akui bahwa saya hanya hobbist jadi mohon penilaian saya ini dapat disesuaikan bila Anda adalah musisi atau performer.

      Demikian pendapat saya semoga ada pembaca lain yang mau sharing pendapatnya juga, salam.

      Hapus
  18. mantapz gan lanjutkan ,
    saya ada keluhan ,efek zoom g3x saya itu kadang nimbul kadang engga tulisan di layarnya seperti error begitu ,tp suara normal2 aja ,kira kira apakan kabel lcd nya yang longgar ya gan ? mohon penjelasannya ,thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, salam kenal.

      Sepertinya sih kabel LCDnya longgar, bila Febri tinggal di Jakarta, ada baiknya di bawa ke service centernya untuk diperbaiki.
      PT. Citra Intirama
      Komples Duta Merlin blok C-59
      Jl. Gajah Mada no 3-5
      Jakarta Pusat
      Phone : +62-21-63867066-20
      Email : service@citraintirama.com

      Semoga LCDnya masih bagus.

      Hapus
  19. mau tanya mas apakah g3x bisa disetting harmony?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya G3X memiliki efek harmonizer atau pitch shifter, yakni HPS. Efek ini menghasilkan satu not/nada harmoni dari not/nada yang kita mainkan sesuai interval tangga nada dan kunci lagu yang telah kita tentukan. Not/nada tambahan ini dapat berupa interval mayor 3 sampai mayor 6 atau minor 3 di atas atau di bawah nada yang kita mainkan.

      Hapus
  20. Untuki efek gitaR ERROR SYSTEM GIMNA CARA MEMPEBAIKI SITEMNYA GAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Errornya gimana ya? Ada tulisan apa yang muncul? apakah sudah dimatikan dan dinyalakan ulang tetap error? Coba direset ke factory dengan cara:
      1. matikan perangkat Zoom G3X
      2. sambil menekan tombol STORE/SWAP, geser saklar POWER ke posisi ON
      3. Zoom G3X akan menyala dan tampak pada layar tulisan "All Initialize"
      4. Bila yakin untuk reset, tekan tombol STORE sekali lagi.

      Bila tetap tidak berhasil, mungkin harus diperbaiki ke service centernya ya...

      Hapus
  21. Mas, blog nya kern, sangat membantu sekali..saya mau tanya untuk zoom g3x ini menggunakan gitar akustik, settingan terbaiknya gimana ya mas? Terimakasih. Bisa dibalas di elansakti@gmail.com ya mas. Terimakasih banyak

    BalasHapus
  22. Terima kasih atas pujiannya.

    Mohon maaf, sejujurnya saya nggak pernah kepikiran untuk menggunakan efek pada gitar akustik. Saya malah ingin balik bertanya kenapa Anda ingin menggunakan Zoom G3X untuk gitar akustik?

    Setahu saya efek-efek yang bisa dipakai untuk gitar akustik biasanya adalah compressor, reverb, atau delay. Saya tidak memiliki gitar akustik dan walaupun dapat mengemulasi suara gitar akustik lewat Boss GP-10, namun belum sempat untuk eksplorasi efek-efek pada gitar akustik, mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu?

    Salam.

    BalasHapus
  23. (ask)
    gan mau nanya caranya update firmware gmna ya ? soalnya saya coba conent usb ke efek, trus 2 tmbol patch d pncet bersamaan tp efeknya gak nyala ttep anteng mati , efeknya padahal normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama-tama, geser saklar power ke posisi off dan pastikan bahwa Zoom G3X dapat dinyalakan melalui power dari port USB komputer yang akan digunakan untuk update firmware. Bila G3X bisa nyala, cabut kabel usb tersebut dari Zoom G3X baru pencet kedua tombol patch bersamaan, sambil kedua tombol tersebut masih dipencet, colok kembali kabel usb tadi ke Zoom G3X, maka G3X akan menyala kembali dan muncul tulisan VERSION UPDATE.

      Nah,mdari sini kita tinggal jalankan aplikasi untuk update yang telah didownload dari website Zoom sebelumnya.

      Demikian semoga sukses.
      .

      Hapus
  24. Kang Yohanes mau nanya nih di tempat saya maen ada colokan DI... saya coba by pass kabelnya langsukng ke G3x saya. Sebelumnya saya minta operator matikan dulu arus listriknya karena saya kuatir masalah ke g3x. saat itu saya masih pakai power dari adaptor. Yang saya mau tanyakan apakah bisa power saya dapatkan dari kabel DI tsb karena saya dapet info power dari kabel DI tsb adalah 48 volt sedangkan adaptor maupun batere kan votagenya tidak setinggi itu... punten pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,
      Zoom G3X tidak bisa diberi power dari XLR. Kegunaan output XLR ini adalah bila FOH atau mixer (atau apa saja) yang akan dihubungkan dengan Zoom G3X ini letaknya sangat jauh. Keluaran XLR memiliki impedansi yang rendah serta sinyal positif dan negatif (balanced out) sehingga dapat melewati kabel yang sangat panjang tanpa takut menangkap noise dalam perjalanannya.

      Anda sudah benar untuk meminta operator mematikan tegangan 48 volt dari DI karena Zoom G3X tidak bisa terima tegangan tersebut (hanya perangkat atau microphone tertentu saja yang butuh tegangan tersebut).

      Hapus
    2. Wah Nuhun Kang Yohanes atas penjelasannya
      btw saya Beni dari Bandung.

      Hapus
    3. Hai Beni, salam perkenalan.

      Senang dapat saling berbagi info, btw Zoom G3Xn sudah rilis dan fitur konektor XLRnya ini dihilangkan, mungkin tidak banyak gitaris yang butuh ya?

      Hapus
    4. memangnya ada G3xn, Kang Yohanes liat dimana? apa kelebihan G3xn dengan G3x ? sebetulnya ada fitur XLR enak juga sayang bila dihilangkan

      Hapus
    5. Coba cek di website Zoom Jepang: https://www.zoom.co.jp/ja/G3n_G3Xn_News

      Beberapa spek G3Xn:

      Up to 7 effects can be used simultaneously*, chained together in any order (*Amp model uses 2 slots and Cab model uses 1 slot).

      Looper allows up to 80 seconds of phrase recording

      68 rhythm patterns

      Free ZOOM Guitar Lab Mac/Windows software allows downloading of additional effects, amp models and patches

      MSRP:
      G3n = 22,000JPY
      G3Xn = 24,000JPY (sekitar 3 juta rupiah)
      Release date: September 2016 in Japan (saat ini untuk Indonesia belum ada khabar)

      Hapus
  25. mo tanya harga motheboard zoom g5 berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba hubungi PT. Citra Intirama selaku distributor produk merek Zoom.

      Salam.

      Hapus
  26. kang zoom g3 saya kalau pertama diyalakan selalu minta kalibrasi pedal knpa ya?terus tdk bisa di reset factory lg,mhon info nya makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anonim,

      Coba pedal ekspresinya dicopot dulu sebelum menyalakan G3, mungkin pedal eksternalnya bermasalah?

      Reset to factory sebelumnya pernah berhasil? Coba reset menggunakan cara seperti jawaban saya tgl 4 September 2016 di atas.

      Hapus
    2. klo udah dicopot gmn lg kang?sblumnya saya blum pernah mereset nya kang,br kli ini saya mau mencobanya,tp tdak bisa.td nya saya fikir dgn reset factory kalibrasi pedalnya bisa hilang gitu.tp ttp aja gx bisa...

      Hapus
    3. Pertama-tama, kalibrasi pedal expresi hanya untuk pedal ekspresi internal, bukan eksternal, jadi Zoom G3 tidak memiliki fitur kalibrasi pedal.

      Coba cek type Zoom Anda dengan lebih teliti (apakah G3X yang pakai pedal ekspresi atau G3 tanpa pedal ekspresi built-in). Periksa juga versi firmware yang terinstall saat ini (apakah pernah update ke firmware terbaru?)

      Selain masalah yang Anda sebutkan, apakah unit Zoom Anda bisa berfungsi normal? Misalnya display LCD bisa terbaca normal, efek-efek yang disave tetap dapat dipanggil walau unit sudah dimatikan dan dinyalakan kembali, suara atau efek yang dihasilkan normal dan tidak terdistorsi, unit bisa beroperasi menggunakan power supply dari adaptor, baterai AA, dan dari USB?

      Kapan Anda membeli unit ini? Sejak kapan masalah ini muncul? Apakah masalah muncul ketika menggunakan adaptor saja, atau bila menggunakan baterai? Coba nyalakan Zoom G3X Anda menggunakan power dari USB? Tanpa informasi yang detail dan jelas, saya hanya bisa berasumsi dan menerka-nerka masalah Anda.

      Bila Anda tinggal di Jakarta, ada baiknya membawa alat ini ke pusat servisnya di PT. Citra Intirama. Di sana mustinya mereka memiliki teknisi dan peralatan yang lebih lengkap untuk memeriksa perangkat Zoom Anda.

      Demikian semoga dapat bermanfaat.

      Hapus
  27. Misi pak , zoom g3x saya mati total kenapa yaaa ? Mohon informasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menggunakan adaptor, mungkin adaptornya rusak? Coba nyalakan G3X menggunakan baterai atau lewat USB, mudah-mudahan bisa.

      Baca juga alternatif power supply untuk Zoom G3X pada: http://kandani.blogspot.com/2016/07/power-your-guitar-pedals-amps-synths-on.html

      Hapus
  28. Misi gan mau nanya..
    Ane baru punya nih g3x dalam kondisi second baru dipake 3 bulan sama pemilik sebelumnya dan cuma dikasih adaptornya aja, ga ada dus, kitab2, CD maupun USB (Namanya juga dikasih, ga boleh milih2 dikasih apaan aja hhehehe)..
    Kalo mau ngerekam suaranya gimana ya ? Apa yang harus install di laptop dan apa ada tambahan yang harus saya beli (kaya kabel USB atau apa gitu) ?

    Makasih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Pandu,

      Jangan kuatir, kitab cara menggunakan Zoom G3X serta driver dan aplikasi Edit&Share dapat didownload dari: https://www.zoom-na.com/products/guitar-bass-effects/guitar/zoom-g3x-guitar-effects-amp-simulator-expression-pedal

      Untuk merekam suara dari G3X ke komputer bisa melalui output analog lewat OUTPUT L/MONO ke Line in komputer, atau secara digital lewat kabel USB. Kabel USB "type A male to USB type B male" memang tidak disediakan dalam dus waktu beli Zoom G3X, namun harus dibeli secara terpisah.

      Untuk merekam lewat USB, maka pertama-tama komputer harus diinstall driver Zoom G3X sehingga G3X akan dianggap sebagai audio device oleh komputer. Sebelum menjalankan aplikasi perekam, nyalakan dulu G3X hingga komputer mendeteksi adanya G3X baru selanjutnya pilih Zoom G Series ASIO pada ASIO Driver sebagai audio input pada aplikasi yang biasa Anda pakai untuk merekam. Selamat mencoba semoga sukses.

      Hapus
  29. Selamat sore bang yohan.

    saya mau nanya bang seputar effect g3, apakah effect g3 bisa disetting menjadi 6 stompbox? mohon pencerahannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Indra,

      Untuk bisa menjadi 6 stompbox, maka G3/G3X harus menggunakan firmware minimal versi 2.00 (versi terbaru dapat didownload dari https://www.zoom-na.com/products/guitar-bass-effects/guitar/zoom-g3-guitar-effects-amp-simulator-pedal).

      Untuk cara update firmware dapat dilakukan dengan cara seperti jawaban saya ke Yordan Famelio di atas, semoga sukses.

      Salam.

      Hapus
  30. Selamat bang. Saya mau tanya update harga zoom G3X terbaru. Trimaksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Wahyu, salam kenal. Sudah agak lama saya tidak update lagi harga Zoom G3X, namun dari browsing internet kisarannya sekitar rp 2,3 jutaan tergantung belinya di mana. Bila Anda mau beli yang seken dan area di kota Makassar, silakan hubungi saya via WhatsApp (082188118220).

      Hapus
  31. Bg cara mengatur tempo drum machine pada efek zoom gmna bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengatur tempo drum rhythm dapat dilakukan dengan dua cara:
      1. Dengan menekan tombol TAP beberapa kali sesuai dengan kecepatan irama yang dikehendaki.
      2. Cara kedua, Anda harus berapa dalam menu rhythm, putar knob nomor satu yang berada di dekat layar tengah. Tempo ini akan berlaku untuk semua efek, rhythm, dan looper.

      Selamat mencoba, semoga berhasil.

      Hapus
    2. Gan artikel nya sangat membantu sekali , saya mau nanya nih yang tipe g3x sama g3xn menurut agan dari segi harga dan kualias bagus mana ?

      Hapus
    3. Dari perbandingan informasi di internet, harga G3Xn beda tipis dengan yang model lama, G3X, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Bila Anda tidak membutuhkan koneksi XLR dan tidak akan menggunakan G3Xn sebagai USB audio interface, bisa jadi lebih bagus yang model baru dipandang dari segi teknologi, fitur, dan support.

      Hapus
  32. Selamat siang mas....saya baru beli efek g3 ini....cuman bingung mas...settingan yang benar buat di panggung gimana yah....apakah harus lewat input amply...kebetulan ampky temoat saya maen adalah rolland jazz chorus...berarti itu amply combo..saya sudah scrolling ke global output di efek...set ke combo front...tapi pas keluar di monitor suaranya noise sama ngerit kaya suara kaleng mas...apa mungking settingan di mixer atau di efek saya yach...bagus nya gimana yach...terima kasih atas pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak pengalaman dengan Roland Jazz Chorus. Anda bisa coba set global output ke direct, apakah hasilnya lebih baik? Coba by-pass semua efek dan dengarkan seharusnya suara gitar yang keluar adalah clean alamiah. Bila tidak, mungkin ada efek dari ampli Anda yang memproses suara dari G3 menjadi tidak seperti yang diharapkan lagi?

      Hapus
  33. Mas mau tanya ttg G3XN yg baru keluar,..dibandingkan dgn G3X mana lebih OK? Kenapa hargany sama ya..pdhl G3XN dibilang sbg penyederhanaan GX5..
    Mohon pencerahan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih teknologi yang lebih baru lebih OK. Mengenai harga yang sama mungkin karena G3Xn di satu sisi punya fitur tambahan, namun di sisi lain ada pula fitur yang dihilangkan (misalnya konektor output XLR). Selain itu saya rasa juga karena Zoom G3X yang lama cukup laris di pasaran sehingga penjual bisa mempertahankan harganya tetap tinggi. Anda bisa baca dalam blog di atas berapa harga yang saya bayar waktu itu, harganya kini bisa lebih mahal :)

      Hapus
  34. Permisi saya mau tanya, saya masih pemula nih utk pake multiefek seperti zoomg3x saya masih bingung utk penggunaan efek nya dan bagaimana cara menggabungkan efek nya tapi suaranya ga ancur, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, coba audisi patch yang disediakan dari pabrik, catat patch-patch apa saja yang mendekati selera Anda. Gunakan patch tersebut sebagai bahan awal untuk mengedit efeknya, misalnya mematikan semua efeknya kecuali satu saja yang nyala, lalu satupersatu efeknya diaktifkan dan dengarkan apa pengaruhnya terhadap suara gitar Anda. Bila Anda sudah mulai memahami fungsi dari efek tersebut, baru coba lebih dalam lagi dengan mengubah-ubah parameter dalam efek yang disenangi. Demikian semoga membantu.

      Hapus
  35. Mas yohanes, mau tanya nich saya br beli g3x secara second, sy sudah cb setting namun sampe sekarang blum ketemu cara menyimapan settingab tersebut, bisa dibantu caranya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anonim,

      Bila Zoom G3X yang Anda beli seken dan tanpa buku manualnya, jangan kuatir, Anda dapat mendownload bukunya di: https://www.zoom-na.com/sites/default/files/products/downloads/pdfs/G3_G3X_operationManual_English.pdf.

      Untuk menyimpan setting patch dapat dilakukan dengan cara:
      1. Tekan tombol STORE/SWAP, maka tombol tersebut akan berkedip
      2. Perhatikan layar di tengah dengan tulisan 'current patch'. Bila Anda ingin menyimpan settingan Anda pada lokasi tersebut, tekan sekali lagi tombol STORE/SWAP, maka settingan Anda akan tersimpan dalam lokasi tersebut.
      3. Namun bila Anda ingin menyimpan settingan Anda ke lokasi yang lain, maka pilihlah lokasinya dengan memutar tombol '1' dan '2' yang terletak pada layar paling kanan lalu tekan tombol STORE/SWAP.

      Keterangan ini dapat Anda baca pada buku manual halaman 14 dan 15. Selamat mencoba dan semoga sukses.

      Hapus
  36. Misi pak (ask) g3x bisa di jadikan sound card atau tidak pak buat take vokal atau yang lain lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. G3X bisa sebagai sound card, namun karena input audionya hanya berupa masukan gitar, maka hanya cocok buat gitar saja. Kalau soundcard serbaguna, termasuk buat vokal, saya pakai Presonus AudioBox iTwo.

      Hapus
  37. Aku pke zoom g3x juga tpi mslahx layar kiri dan kanan jdi jdi blank ngg ada gmbar.. Itu knapa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Black White,

      Kayaknya ada elektroniknya yang bermasalah, coba dibawa ke service stationnya di:
      PT. Citra Intirama
      Komples Duta Merlin blok C-59
      Jl. Gajah Mada no 3-5
      Jakarta Pusat
      Phone : +62-21-63867066-20
      Email : service@citraintirama.com

      Hapus
  38. Misi gan saya mau tanya,cara menyimpan hasil yg sudah diedit caranya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menyimpan setting patch yang sudah diedit dapat dilakukan dengan cara:
      1. Tekan tombol STORE/SWAP, maka tombol tersebut akan berkedip
      2. Perhatikan layar di tengah dengan tulisan 'current patch'. Bila Anda ingin menyimpan settingan Anda pada lokasi tersebut, tekan sekali lagi tombol STORE/SWAP, maka settingan Anda akan tersimpan dalam lokasi tersebut.
      3. Namun bila Anda ingin menyimpan settingan Anda ke lokasi yang lain, maka pilihlah lokasinya dengan memutar tombol '1' dan '2' yang terletak pada layar paling kanan lalu tekan tombol STORE/SWAP.

      Keterangan ini dapat Anda baca juga pada buku manual halaman 14 dan 15. Selamat mencoba dan semoga sukses.

      Hapus
  39. Gan,saya rencananya mau beli zoom g3. Apa zoom g3 bisa di sambunf langsung ke pc ato butuh audio interface lbgsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zoom G3/G3X bisa disambung ke PC langsung lewat audio OUTPUT atau lewat USB. Bila lewat USB, maka PCnya perlu diinstall driver Zoom (download dari websitenya) supaya PC dapat mengenali G3/G3X sebagai audio interface.
      Jadi sambungannya kalau lewat USB sebagai berikut:
      gitar - kabel instrument gitar - Zoom G3/G3X - kabel USB - PC

      Hapus
  40. Gan, dilihat dari beberapa diskusi di atas, banyak yang mengeluhkan layar lcd zoom g3x banyak yang rusak/ bermasalah. Kira kira penyebabnya apa ya? Dan ada tips atau cara tidak agar menghindari kerusakan layar lcd g3x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ikhsan,

      Penyebabnya nggak tahu ya, mungkin kualitas LCDnya atau konstruksi pemasangan/sambungan LCDnya yang ada kelemahan. Selama saya menggunakannya tidak pernah masalah. Saran saya untuk menghindari kerusakan (LCD), sebaiknya menggunakan baterai sebagai sumber daya untuk Zoom G3X, atau bila menggunakan adaptor listrik, maka gunakan yang asli dan ditancap pada colokan listrik yang stabil dan bersih dari gangguan beban yang menggunakan motor listrik (pompa air, vacuum cleaner, mesin cuci, dll). Mengingat alat ini dioperasikan dengan kaki, maka perlakukanlah G3X dengan tidak kasar dan hindari benturan keras.

      Mudah-mudahan G3Xnya bisa awet.

      Salam.

      Hapus
    2. Berarti jika menggunakan tenaga listrik, sebaiknya memakai adaptor asli dan dicolokan dengan stavolt atau stabilizer listrik akan lebih aman? Apakah agan jugs selama ini memakai stavolt juga bila memakai tenaga listrik, sehingga g3x nya awet sampai sekarang? Terima kasih gan sebelumnya

      Hapus
    3. Iya, saya jarang menggunakan Zoom G3X karena kebanyakan dipakai di rumah dan untuk review saja, apalagi sejak memiliki Boss GP-10. Jadi untuk soal ketahanan, mungkin agan-agan yang biasa manggung lebih cocok menjawab.

      Mengenai tenaga listrik, saya lebih suka menggunakan baterai untuk multiefek pedal saya karena pedalboard menjadi lebih ringkas tanpa harus cabut pasang adaptor dan mencari stop kontak, walau rumah saya dilengkapi stabilizer listrik(baca blog yang saya tulis bulan Juni dan Juli 2016 tentang "Battery Operated Guitar Pedal").

      Dan kini Zoom G3X sudah saya jual ke salah seorang pembaca yang ada di Jakarta karena belakangan saya hanya menggunakan Boss GP-10 saja.

      Terima kasih juga sudah mampir.

      Hapus
    4. gimana gan gabungin g3x dan efek stom box
      udah kucoba ternyata ada jeda sinyal dari distorsi ke bunyi clean
      bisa bantu gan untuk routing alurnya
      trims..

      Hapus
    5. Hai Agus,

      Mungkin stompbox distorsinya yang jeda bila berpindah dari distorsi ke clean. Kalau hanya G3X mustinya tidak ada jeda.

      Kalau amplinya punya colokan efek send dan return, stompboxnya bisa disisipkan di sana.

      Salam,

      Hapus
  41. Bang efeck zoom g3x ane ko eror sering ganti pacth sendiri, kadang pindah ke tuner, kadang masuk ke Looper. Padahal g pencet apa" itu kenapa y kok kayak semaunya sendiri tu efek g bisa di kontrol lagy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Andi El,

      Kayaknya sambungan ke footswitch atau saklar kaki itu sendiri ada yang korslet. Coba dibuka dan semprot dengan contact cleaner pada ketiga saklar kaki tersebut.

      Atau lebih aman bawa saja ke service centernya.

      Hapus
  42. halo mas... sy salah satu pengguna zoom dr jaman 606, 707, GFX5, G2.1U dan sekarang pakai G3, ni efek yg powerfull, keren, mudah di oprasikan tp dgn harga yg bsahabat...

    sy mau tanya sedikit mengenai fungsi 2 tombol pada BALENCED OUT. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bro...

      Saklar pada Balanced Out berfungsi hanya kalau output diambil dari colokan XLR. Saklar pada posisi "Pre" artinya sinyal yang keluar dari XLR adalah langsung dari gitar sebelum melewati efek, sedangkan "Post" artinya keluaran XLR diambil dari posisi setelah melalui jalur efek.

      Saklar GROUND pada posisi "Connect" artinya kaki 1 pada XLR terhubung ke ground sedangkan bila pada posisi "Lift" kaki 1 XLR tidak terhubung ke ground. Bila Anda menggunakan konektor XLR dan terdengar suara dengung, coba salah satu posisi saklar ground ini untuk mendapatkan suara dengung yang minimal. Kebetulan saya ada singgung sedikit tentang sambungan sinyal balanced pada artikel bulan Agustus 2017 (dbx goRack), silakan diklik semoga bermanfaat.

      Terima kasih sudah mampir.

      Salam.

      Hapus
  43. Permisi mas salam bermusik hehe. Saya terbilang sangat awam sekali menggunakan zoom g3x, saya ingin sekali melakukan record menggunakan effect zoom g3x melalui komputer tp setelah saya download driver dan saya install, ketika saya colokkan dengan kabel usb-nya kok gk bisa terinstall ya perangkatnya, setelah saya cari tahu ternyata ingin update firmware dulu?. Jadi adakah saran mas, untuk saya mas dan apakah untuk melakukan record harus melakukan update firmwae? Dan apakah tdk rawan atau sulit utk update firmwarenya?.
    .
    Terima Kasih dan mohon bimbingannya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Pompy, selamat ketemu kembali.

      Informasi komputer dan OS serta firmware G3X tidak jelas sehingga saya hanya menebak-nebak saja. Mungkin masalah kompatibilitas port USB? asumsi saya Anda menggunakan Windows versi 8 ke atas dan menghubungkan G3X ke port USB3 pada komputer, sedangkan G3X Anda belum diupdate ke versi 2.1, coba sambungkan G3X pada port USB2 di komputer, bukan USB3, jadi tidak perlu update firmware (untuk cara update firmware sudah pernah dibahas pada jawaban saya September 2016 di atas).

      Semoga bias membantu troubleshoot masalahnya.

      Hapus
    2. Hallo mas Yohanes, maaf lama tidak aktif. Untuk laptop saya menggunakan Windows 7 dan port USB di laptop saya tersedia USB 3.0
      .
      Terima Kasih

      Hapus
  44. Prmisi mas, apa yg prlu diprhatikan dng memilih ampli gitar yg cocok utk multi fx gitar kita? Juga apa sgala jnis headphones/ earphones bisa kita masukan di lubang H.phones/ E.Phones di Ampli &
    multi fx. tQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua jenis ampli gitar bisa dipakai dengan multi fx, tinggal setting di multi fxnya diatur sesuai dengan jenis ampli yang dipakai misal: combo, stack, atau direct ke mixer.

      Mengenai headphones/earphones, memang semua jenis bisa dicolok ke lubang "phones" di ampli maupun fx, namun setiap headphones memiliki impedansi yang berbeda, ada yang 8 Ohm bahkan ada yang 64 Ohm. Periksa buku petunjuk dan spesifikasi multi fx atau ampli dan headphones yang sesuai, bila impedansinya tidak sesuai maka suaranya akan kecil tidak maksimal, namun tidak perlu kuatir ampli/multi fx dan headphones sama-sama tidak akan rusak. Coba saja headphone yang ada dulu, bila hasilnya kurang puas baru beli yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa juga Anda butuh kabel headphone yang panjang agar supaya kepala bebas bergerak saat main gitar.

      Hapus
    2. Trima kasih mas, sangat mmbantu skali

      Hapus
  45. Bang minta pencerahan dong kalo layar G3X yg tengah ny kuning total setelah semenit menyalakan apakah bisa diperbaiki ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya chip IC pada modul LCDnya rusak, tapi apakah ada dijual di pasaran LCD yang cocok dengan G3X? Coba ditanyakan ke service centernya apakah bisa diperbaiki.

      Hapus
  46. mau tanya ni bang. bagaimana menghubungkan efek gx3. ke audio interface stenberger. pada saat merekam kok efeknya nggak berfungsi. trims sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila menghubungkan G3X melalui Balanced Out, maka pastikan tombol pre-post ditekan ke posisi post.

      Hapus
  47. bagaimana cara koneksi efek zoomg3x keaudio interface yamaha stenberger untuk rekam gitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Output dari G3X dihubungkan ke input dari Steinberg menggunakan kabel phono. Bila menggunakan Steinberg, maka USB pada G3X tidak diperlukan dan harus dilepas dari komputer.

      Hapus
  48. mau tanya zoom g3x udah di tancep adaptor nyala tapi ada tulisan low baterai terus gimana om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan salah sambung masukan adaptor terhubung ke masukan baterai. Apakah Zoom G3Xnya habis diperbaiki ya?

      Hapus
  49. minta no wa om mau tanya² soalnya zoom ku eror

    BalasHapus
  50. minta no wa om mau tanya² soalnya zoom ku eror

    BalasHapus
  51. mau tanya zoom g3x udah di tancep adaptor nyala tapi ada tulisan low baterai terus gimana om

    BalasHapus
  52. mau tanya zoom g3x udah di tancep adaptor nyala tapi ada tulisan low baterai terus gimana om

    BalasHapus
  53. Pak yohanes maaf mau tanya, toko yang masih jual zoom g3x (bukan g3xn)dimana ya pa?, dlu saya nyesel pas awal keluar nggak beli malah beli multi efek yg lain. Mohon dijawab. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba hubungi Destiny Music, Jl. Gunung Sahari Raya, Mall Mangga Dua Square, Lantai 3 blok A.011, Jakarta. Telepon 081219493269. Mudah-mudahan masih ada stok.

      Hapus
  54. untuk setelan clean yang enak yang mana ..minta pencerahaannya pak yohanes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, unit Zoom G3X saya sudah tidak dipakai lagi dan sudah saya jual.

      Salam.

      Hapus
  55. Bang klo lyarnya cuma nmpil kuning bisa di prbaiki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Joe,
      Coba dibawa ke service stationnya di:
      PT. Citra Intirama
      Komples Duta Merlin blok C-59
      Jl. Gajah Mada no 3-5
      Jakarta Pusat
      Phone : +62-21-63867066-20
      Email : service@citraintirama.com

      Hapus
  56. BG tanya donk, switch power zoom G3X patah/rusak, kira dimana beli dan jenis apa switch power zoom G3x ? kalau d toko elektronik apakah ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di toko elektronik saklar geser tiga posisi

      Hapus
  57. Hello pak yo,saya punya masalah dengan efek line 6 m5.. kondisi masih bisa nyala tapi kok sound output kecil... .. apa bisa di perbaiki?

    BalasHapus
  58. Pak bagaimana cara mnghubungkan zoom g3x ke komputer untuk ngerecord tnpa mngunakan soundcard...mohon tutorialnya secara lngkap om 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  59. Pak bagaimana cara mnghubungkan zoom g3x ke komputer untuk ngerecord tnpa mngunakan soundcard...mohon tutorialnya secara lngkap om 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  60. Permisi mas yohanes. Mau nanya nih, cara membuat patch atau chanel sendiri bagaimana ya? Trims

    BalasHapus