Translate

Sabtu, 29 Oktober 2016

BOSS TONE STUDIO for GP-10


Dunia pergitaran yang cenderung menggemari ampli tabung dan segala teknologi antik, selalu mengamati produk-produk baru dan moderen dengan penuh kecurigaan. Suka atau tidak, perkembangan teknologi terus memaksa dan bahkan hampir tak terelakkan lagi bahwa ampli gitar, pedal efek dan segala sesuatu yang berhubungan dengan gitar listrik telah memanfaatkan komputer atau tablet untuk mengatur segala macam parameter gaya suara, seolah-olah gitar listrik baru diciptakan pada abad digital ini.

Sebagai contoh, semua multiefek atau ampli gitar berlomba-lomba menawarkan berbagai konektivitas dengan komputer atau tablet, baik melalui port USB maupun Bluetooth. Tidak ketinggalan Boss GP-10 dengan Boss Tone Studio.

Boss Tone Studio (BTS) adalah software deep-editing untuk produk buatan Boss. Semua efek dapat ditampilkan pada layar komputer, di mana setiap setting dan parameter dapat diubah dengan menggunakan mouse. Hasilnya dapat disimpan kembali ke dalam unit yang diedit. Dengan layar yang besar dan kemudahan dalam mengedit setting dan parameter dengan cepat, enggan rasanya untuk kembali menggunakan tombol-tombol dan layar LCD kecil yang terdapat pada unit multiefek yang hendak diedit.

Dengan menggunakan BTS, semua setting dan parameter yang paling dalam sekalipun mudah dijangkau. Tanpa banyak menekan atau memutar tombol-tombol fisik untuk masuk ke dalam menu-menu yang berlapis, Anda dapat segera bereksplorasi serta mewujudkan ide dan kreativitas desain suara yang Anda kehendaki. Semua perubahan pada BTS bekerja secara real time, jadi apa yang Anda atur dilayar komputer seketika itu juga perubahan terjadi pada unit yang terhubung ke BTS tersebut.

Dengan Boss Tone Studio untuk GP-10, kita dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Melihat-lihat, menambah, atau mengedit patch GP-10 (sebagai EDITOR - lihat gambar 1 di bawah)
  • Mengatur patches GP-10, misalnya mengatur urutannya atau membackup ke komputer (sebagai LIBRARIAN - gambar 2)
  • Akses langsung ke website BOSS TONE CENTRAL untuk mendownload liveset atau patches yang dibuat musisi profesional (gambar 3).
  • Mengimport file WAV dan memainkan file tersebut dengan kecepatan atau pitch yang dapat diatur (guitar backing track player).
  • Berfungsi sebagai tuner gitar
  • Mengedit settingan sistem GP-10
Gambar 1: Menu patch EDITOR Boss Tone Studio for GP-10
Istilah-istilah yang digunakan dalam BTS:
  • Library: adalah area penyimpanan dalam BTS. Dalam menu Librarian kita dapat membuat/mengedit/menghapus liveset, serta mengimport, mengeksport atau membackup patches antara GP-10 dan komputer.
  • Liveset: adalah sekumpulan patch atau biasa juga disebut bank. Patch-patch yang didownload dari BOSS TONE CENTRAL dan patch-patch yang dibackup dari Boss GP-10 dikelompokkan sebagai liveset dan disimpan di library dalam BTS (dalam komputer disimpan sebagai file dengan ekstensi .tsl). Kita juga bisa mengoleksi sekumpulan patch favorit dengan cara membuat liveset baru. Jadi liveset adalah kontainer berisi patch.
  • Patch adalah rangkaian kombinasi efek dan modeling beserta settingannya masing-masing. Dalam BTS, walau hanya satu patch yang akan diexport/import, tetap patch tersebut harus disimpan dalam bentuk liveset terlebih dahulu.
  • BOSS TONE CENTRAL adalah website resmi yang memberikan layanan konten tambahan berupa patch hasil kreasi musisi profesional untuk produk Boss. Konten tambahan ini dapat diakses langsung dari aplikasi BTS yang memiliki koneksi ke internet. Anda dapat men-download semua patch yang ada secara gratis.
BTS dalam mode Editor seperti gambar 1 di atas cukup intuitif dan tidak perlu penjelasan lebih jauh, kecuali tombol "CTL/GK/EXP" dan "ASSIGN" yang terletak di tengah agak ke kanan. Fungsi kedua tombol ini dan konsep 'assign' akan kita bahas pada kesempatan yang akan datang.
Gambar 2: Menu LIBRARIAN Boss Tone Studio for GP-10
Dalam mode LIbrarian Anda dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Backup: membuat salinan (copy) seluruh patch yang ada dalam Boss GP-10 ke dalam liveset. Tujuannya supaya bila GP-10 Anda rusak atau harus direset, maka tidak perlu kuatir karena Anda masih memiliki salinan patch-patch Boss GP-10 di dalam BTS dalam bentuk liveset.
  • Apply Liveset: gunanya untuk me-restore atau menyalin liveset hasil backup kembali ke Boss GP-10.
  • Export: berguna untuk menyimpan liveset ke dalam file komputer dengan ekstensi .tsl.
  • Import: berguna untuk membuka file tsl ke dalam BTS.
  • Create Liveset: berguna untuk membuat liveset baru. Liveset baru yang masih kosong ini dapat Anda isi dengan patch yang Anda kehendaki dengan cara click and drag patch-patch dari liveset yang ada atau dari Boss GP-10.
Gambar 3: Menu TONE CENTRAL Boss Tone Studio for GP-10
Untuk menggunakan Tone Central, BTS atau komputer Anda harus terhubung ke internet. Perhatikan bahwa tidak semua keyword tags tersedia patchnya, seperti: Abantgarde (maksudnya Avantgarde), Hip Hop, Punk, serta dua kali tag R&B.

Bila ada liveset atau patch yang Anda sukai, maka liveset tersebut dapat Anda download ke BTS dengan mengklik tombol ADD. Perhatikan bahwa kita tidak bisa mendownload hanya patch-patch tertentu dalam satu liveset, namun kita harus mendownload satu liveset utuh. Dari liveset yang telah kita download, akan terbuka di menu Librarian. Nah dari sini baru kita bisa memilih patch yang kita kehendaki dengan cara click and drag patch tersebut ke liveset favorit, kemudian kita bisa menghapus liveset yang baru saja kita download dengan mengklik tanda kali pada liveset tersebut.

Selain Tone Central yang resmi, Anda dapat juga menemukan koleksi patch untuk Boss GP-10 dengan kualitas yang tidak kalah di http://www.vguitarforums.com/smf/index.php?board=151.0 atau http://www.vguitarforums.com/smf/index.php?board=200.0


Boss mengeluarkan BTS for GP-10 ver.1.1.0 yang terbaru pada pertengahan Maret 2016. Tidak seperti versi sebelumnya yang mengharuskan Boss GP-10 aktif dan terhubung ke komputer, versi ini memiliki pilihan OFFLINE MODE, memungkinkan kita menjalankan BTS tanpa harus memiliki Boss GP-10.
Gambar 4: Boss Tone Studio Versi 1.1.0 memberi pilihan Offline Mode
Bagi musisi profesional yang sangat intens menggunakan BTS untuk mengedit GP-10, mungkin lebih baik tetap menggunakan BTS for GP-10 versi 1.0 karena versi baru ini memiliki bugs di mana kumpulan patch yang akan Anda simpan sebagai liveset akan mengalami perubahan dalam setting parameternya, terutama pada patch nomor sebelas ke atas, dimana bila liveset ini dicopy kembali ke GP-10, maka hasilnya bisa berbeda dari yang kita harapkan (perhatikan juga masih ada ejaan yang salah dalam BTS baru ini, perhatikan gambar 4 di atas), hingga tulisan ini dibuat, belum ada versi lebih baru atau solusi dari Roland/Boss.

Perlu disadari pula bahwa aplikasi Boss Tone Studio membutuhkan Adobe AIR runtime sehingga kita harus menginstall Adobe Air sebelum dapat menjalankan BTS. Jadi, bila Anda seorang teknisi, hobbist yang ingin mereview atau mempelajari suatu patch yang dibuat oleh musisi lain, atau gitaris yang belum memiliki GP-10 dan ingin melihat-lihat apa saja yang ada dalam GP-10, maka BTS versi 1.1.0 ini sangat sesuai karena Anda dapat mempelajari GP-10 sebelum membeli unitnya, atau mempelajari settingan suatu patch di mana saja tanpa tergantung pada Boss GP-10.

Useful links:
https://www.boss.info/us/products/gp-10/support/
http://www.boss.info/support/by_product/gp-10/updates_drivers/7031.

1 komentar:

  1. New BTS for GP-10 V1.1.1
    https://www.boss.info/us/support/by_product/gp-10/updates_drivers/d02c1a00-8ce2-431c-bd60-49aee8ee1eb4/

    BalasHapus