Translate

Sabtu, 23 Mei 2015

Teori Senar Gitar Listrik

Setiap nada yang dihasilkan oleh gitar, bahkan nada yang sama pada senar yang berbeda dapat memiliki variasi kecil, yang sering ditonjolkan oleh pemain gitar dengan teknik vibrato atau bending atau dengan memainkan whammy bar.

Di tangan pemain berpengalaman, gitar listrik dapat menghasilkan bunyi yang sangat ekspresif dan unik layaknya seorang penyanyi. Tidak seperti keyboard di mana tiap not nada adalah fungsi diskrit tangga nada yang sudah ditentukan pada setiap tutsnya, gitaris dapat menghasilkan nuansa nada suara mikro (micro-tonality) yang tidak terbatas hanya pada not-not dalam tangga nada dan sebagai hasilnya, vibrato dan bending menjadi keunggulan istimewa dari pemain gitar.

Keunikan ini dihasilkan oleh hukum mekanik dan fisika dari seutas dawai logam yang dibentangkan di antara nut gitar (batang penyanggah dawai yang merupakan pembatas antara kepala dan leher gitar) dan bridge (gading pembatas). Karakter bunyi yang dihasilkan ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya: panjang bentangan dawai, ukuran dawai, jenis atau bahan yang dipakai untuk membuat dawai, serta kekencangan bentangan dawai tersebut.


SCALE LENGTH
Dalam bahasa Inggris, panjang senar gitar dari nut sampai bridge gitar disebut scale length.



Fender
Salah satu guitar scale length yang paling umum adalah Fender 25,5 inci atau kurang lebih 65 cm. Panjang senar atau jarak dari nut ke saddle bridge ini ditentukan oleh Leo Fender untuk gitar ciptaannya: Stratocasters® dan Telecasters®. Scale length ini menjadi standard untuk kebanyakan gitar listrik yang terinspirasi oleh gitar stratocaster, seperti Charvel, Jackson, Ibanez, Yamaha, Godin, dst.
Dengan scale length seperti ini menghasilkan nada yang kaya, bell-like tone, dan nada rendah yang bulat.

Gibson
Gibson menggunakan scale length 24-3/4 inci atau sekitar 63 cm untuk gitar model Les Paul. Dengan senar yang lebih pendek dari Fender 25,5 inci, maka scale Gibson memiliki tegangan (kekencangan) senar yang lebih rendah/kendur dan perasaan lebih mudah dimainkan, serta menghasilkan nada yang lebih hangat.

PRS, Dobro, & National
Luthier Paul Reed Smith mengambil jalan tengah untuk gitar ciptaannya. Gitar PRS menggunakan scale length 25 inci (sekitar 63,5 cm) untuk menggabungkan suara cemerlang dari Fender dan suara hangat dari Gibson. Scale length 25 inci ini juga dapat dijumpai pada Dobro dan gitar National.

Selain ketiga jenis ukuran scale length untuk gitar listrik, Fender juga membuat gitar dengan scale length yang lebih pendek seperti pada model Jaguar, Jazzmaster, dan Mustang.

STRING GAUGE (ukuran ketebalan senar gitar)
Senar gitar dibuat dalam berbagai ukuran ketebalan (gauge). Besarnya ukuran senar gitar ini ditentukan dalam satuan seperseribu inci. Senar gitar yang paling tipis berukuran delapan perseribu inci atau ditulis .008 (sering disebut juga dengan ukuran delapan) dan yang paling tebal .056 (ukuran lima puluh enam). Ukuran senar gitar berpengaruh pada suara dan playability.

Senar yang tipis dan ringan:
  • umumnya lebih mudah dimainkan
  • lebih mudah untuk melakukan teknik bending
  • lebih mudah putus (terutama senar nomor satu)
  • menghasilkan suara yang relatif lebih kecil dan sustain lebih pendek
  • Setelan gitar dengan action rendah mudah menyebabkan fret buzzing
  • tidak terlalu membebani leher gitar (gitar tua atau gitar murah sebaiknya menggunakan senar tipis)

Senar yang tebal dan berat:
  • umumnya lebih sulit dimainkan (membutuhkan tenaga yang lebih besar)
  • butuh tekanan jari yang lebih keras pada fret dan untuk bending
  • menghasilkan suara lebih nyaring dan sustain relatif lebih lama
  • lebih disukai untuk tuning rendah seperti drop D
  • Menimbulkan tegangan lebih pada leher gitar
Ukuran senar gitar listrik pada umumnya adalah:

  • “extra super light": .008 .010 .015 .021 .030 .038
  • "super light": .009 .011 .016 .024 .032 .042
  • "light": .010 .013 .017 .026 .036 .046
  • "medium": .011 .015 .018 .026 .036 .050
  • "heavy": .012 .016 .020 .032 .042 .054

Pada umumnya senar gitar yang terpasang pada gitar yang dijual di toko-toko menggunakan ukuran standard sembilan (atau ukuran super light).

Satu-satunya cara untuk menentukan ukuran dan jenis senar yang cocok buat gaya permainan gitar Anda adalah dengan cara eksperimen. Cobalah berbagai merek, ukuran dan bahan senar untuk menemukan senar yang cocok dengan gaya permainan gitar Anda dan menghasilkan suara yang paling enak di telinga Anda. Anda bisa juga mencoba mengkombinasikan senar dengan berbagai macam kombinasi ukuran senar gitar, misalnya: super light untuk senar nomor 1-3 dan heavy untuk senar nomor 4-6, dan lain sebagainya.

Walaupun perbedaan berbagai merek dan ukuran senar ini tidak terlalu mencolok, namun bisa sangat mempengaruhi gaya permainan gitar kita. Perlu diperhatikan bahwa mengganti ukuran senar gitar membutuhkan pengaturan ulang setelan action (tinggi atau jarak antara senar gitar terhadap fret atau fingerboard) dan pegas serta intonasi bridge gitar. Tergantung skill dan model gitar, bila ragu-ragu, sebaiknya minta teknisi gitar untuk membantu Anda.

STRING SPACING at Bridge 
Jarak antar senar gitar listrik juga berbeda-beda antara satu jenis dengan jenis gitar listrik lainnya. Jarak antar senar ini diukur antara senar nomor 1 ke senar nomor 6. Berikut ini beberapa jarak antar senar dari gitar yang umum dipasaran (perhatikan perbedaan jarak antar senar Gibson dengan Fender Strat yang terpaut sekitar 4 mm):
  • Rickenbacker = 1.98 inches (50.29mm)
  • Gibson Tuno-O-Matic = 2.0625 inches (52.45mm)
  • Floyd Rose  =  2.070 inches (52.58mm)
  • Fender Jaguar/Jazzmaster/Mustang = 2.1875 inches (55.56mm)
  • Fender USA Strat  = 2.21875 inches (56.35625mm)
Walaupun jarak antar senar ini tidak mempengaruhi bunyi gitar secara langsung, namun akan cukup berpengaruh terhadap gaya permainan gitar.

Buat Anda yang akan memasang pickup khusus seperti Roland GK-3 atau Fishman Triple Play, maka jarak antar senar ini perlu diperhitungkan dengan baik supaya pemasangan pickup tambahan pada gitar bisa optimal.

Anda menggunakan ukuran senar nomor berapa? Mari berbagi lewat komentar di bawah ini.

11 komentar:

  1. Aku baru mau ganti senar baru, dari bawaan gitar 0.009 mm (9 Microns), udah beli baru yg 0.011 mm (11 Microns), ngejar suara yg lebih tebel dan bassnya supaya lebih mantab krn akustik. Cuma pastinya bakal sedikit lebih keras, tapi it's okay.
    Untuk jarak senar di sadle gitar saya spacenya kayanya standar Gibson, tapi krn terlalu rapat utk ukuran jari saya, maka saya custom nutnya lebaran dikit jadi 3,7 cm dari 3,5 jadinya terpaksa Bride juga sy perlebar sehingga jatuh di ukuran sama dg Fender Jaguar.. dan itu lebih nyaman buat Finger styles, melody maupun kocokan buat saya..
    Makasih om ulasannya yg sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Hai Max, semoga gitarnya semakin mantap ya...
    Terima kasih kembali.

    BalasHapus
  3. Rekomendasi senar untuk teknik bending bang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Arif,

      Bending seharusnya tidak tergantung senar. Bila jari Anda terlatih dengan bending menggunakan senar tebal, maka ketika menggunakan senar tipis malah mungkin terasa aneh, namun bila selama ini Anda kesulitan bending karena senarnya terasa keras, maka bisa dicoba mengganti senar yang lebih light (ukuran kecil). Untuk gitar listrik ukuran senar nomor satu .008 atau .009 akan sangat cocok, namun bila Anda ingin bending pada semua senar dan mengharapkan tegangan senar yang merata antara senar pertama sampai senar keenam, D'Addario membuat set senar gitar yang diberi nama "Balanced Tension 9/40". Set senar gitar ini memiliki ukuran (dari senar 1 sampai 6): .009, .012, .015, .022, .030, .040 yang memberikan tegangan yang sama pada keenam senarnya dan diharapkan membuat kontrol bending Anda akan sama pada semua senar mulai senar pertama sampai senar keenam.

      Sekali lagi perlu diperhatikan bahwa bila Anda mengganti senar gitar dari bawaan gitar ke ukuran senar yang berbeda, maka perlu penyesuaian setelan pada gitar Anda. Mungkin Anda membutuhkan bantuan luthier untuk membuat gitar Anda lebih nyaman lagi.

      Salam.

      Hapus
  4. Saya mau tanya ukuran jarak fret dari fret pertama sampai terakhir

    BalasHapus
  5. Tergantung banyak fret..dan scale gitar
    anda

    BalasHapus
  6. squier jazzmaster kalo dipakein senar 011 aman gak gan? supaya dapetin tone yang sesuai kuping soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mustinya aman saja, scale length jazzmaster yang lebih pendek membuat senar bisa relatif lebih "kendur" sehingga senar ukuran besar seperti 011 mustinya sangat cocok dengan jazzmaster.

      Hapus
  7. Merk senar dan ukuran untuk pickup sustainer, apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merek dan ukuran senar tidak masalah dengan pickup sustainer, Anda bisa tetap menggunakan ukuran senar bawaan gitar.

      Hapus
  8. Apakah skala 65 cm harus pas antara nut ke sadle atau bisa kurang sedikit atau lebih,,,?

    BalasHapus