Translate

Kamis, 17 November 2016

Mari mengenal lebih dekat: Hotone Soul Press

Hotone Audio (dibaca: hot ton audio) adalah perusahaan yang Nopember ini baru genap berusia empat tahun, namun produknya sudah cukup terkenal dengan spesialisasi dalam produk ampli gitar dan pedal efek mini. Salah satu produk perusahaan asal China ini adalah Soul Press; pedal yang dapat digunakan sebagai wah-wah, atau volume, atau pedal ekspresi.

Desain
Soul Press dirancang supaya memiliki ukuran yang super mungil (panjang 130 x lebar 62,5 x tinggi 51 mm), namun tetap ergonomis dan nyaman untuk digunakan. Hasilnya sebuah pedal mini yang praktis untuk dibawa ke mana-mana, namun tetap terasa nyaman di telapak kaki. Menurut Hotone, Soul Press akan terasa seperti bila Anda menggunakan Dunlop CryBaby. Walaupun dengan bodi yang mini, Soul Press masih memiliki ruang untuk baterai kotak 9 Volt.
Perbandingan ukuran pedal (dari kiri ke kanan): Zoom G3X, Hotone Soul Press, dan Yamaha FC-7
Pada sisi kanan terdapat jack INPUT, saklar pilihan mode, dan colokan power DC 9Volt. Dengan saklar ini kita dapat memilih tiga mode pilihan, apakah unit ini berfungsi sebagai pedal wah-wah, atau pedal volume, ataukah sebagai pedal ekspresi.

Foto kiri: Soul Press sisi masukan, kanan: sisi keluaran

Pada sisi kiri terdapat jack OUTPUT dan pengatur 'Bottom Value'. Bottom Value ini hanya berfungsi pada mode volume dan pedal ekspresi untuk mengatur level minimum volume atau expresi yang kita inginkan.

Mode Wah-Wah
Mode ini mengikuti desain rangkaian dari Dunlop CryBaby* klasik, dengan tambahan buffer masukan dan keluaran untuk menjamin kerja unit wah-wah ini tidak terpengaruh impedansi gitar maupun beban yang akan di-drive oleh Soul Press.

Untuk melihat spektrum frekuensi tapis dari mode wah-wah ini, saya menggunakan sinyal white noise yang diumpankan ke INPUT Soul Press, sedangkan keluarannya saya rekam ke komputer menggunakan Adobe Audition. Sambil merekam sinyal keluaran Soul Press, saya mainkan pedal tersebut. Terlihat bahwa Soul Press menggunakan low pass filter dengan resonansi frekuensi di sekitar 2kHz pada posisi pedal wah-wah diinjak penuh ke depan menyapu sampai 400Hz pada posisi tumit menginjak pedal wah-wah penuh ke belakang.
Spectral frequency display of Soul Press output screenshot
Pada gambar di atas, terlihat warna jingga sinyal click atau pop yang timbul setiap kali peralihan dari aktif ke by-pass atau sebaliknya karena Soul Press menggunakan saklar mekanik sebagai  'true' bypass.

Mode Volume
Pada mode ini, Soul Press berfungsi sebagai kontrol volume aktif. sehingga dapat ditempatkan di depan rangkaian efek setelah gitar atau di bagian akhir rangkaian sebelum ke amplifier tanpa masalah.
Dengan menginjak pedal penuh ke depan, maka sinyal gitar dapat lewat tanpa hambatan. Namun pada posisi tumit menginjak pedal penuh ke belakang kita dapat mengatur apakah sinyal gitar sama sekali hilang/mute atau menjadi lemah sesuai pengaturan "Bottom Value".

Mode Pedal Ekspresi
Pada umumnya cara kerja pedal ekspresi adalah membagi tegangan kendali dari suatu perangkat alat musik seperti efek gitar, lalu mengumpan kembali hasilnya ke perangkat tersebut. Pedal ekspresi tidak peduli berapa besar tegangan kendali suatu perangkat, tugasnya hanya memanipulasi tegangan kendali tersebut yang kemudian akan dibaca oleh perangkat yang dikendalikan untuk mengubah suatu parameter.

Secara elektronik, ini dapat direalisasikan dengan menggunakan kabel plug TRS (Tip/Ring/Sleeve) 1/4″, di mana tegangan referensi dikenakan pada “ring”, tegangan kendali dikirim kembali ke perangkat lewat “tip” sementara “sleeve” adalah ground.

Skema elektronik pedal ekspresi Hotone Soul Press.
Sebagai pedal ekspresi, Soul Press dapat bekerja tanpa catu daya. Dalam mode ini, kita harus menggunakan kabel TRS stereo standard 1/4” yang ditancapkan pada jack OUTPUT. Pedal ekspresi ini memiliki skema rangkaian mirip seperti pedal ekspresi Roland EV-5 sehingga cocok untuk digunakan pada semua perangkat merek Roland dan Boss, atau yang kompatibel. Bila dalam mode sebagai pedal ekspresi dan sepertinya pedal tidak berfungsi, maka injak pedal penuh ke depan sampai saklar by-pass di bawah pedal menjadi ON (walau indikator LED tetap tidak menyala karena tidak ada catu daya).

Power Supply
Dalam dus Soul Press tidak disediakan baterai maupun adaptor, untuk itu Anda harus membelinya secara terpisah. Kita dapat mensupplai daya ke Soul Press melalui terminal baterai kotak atau melalui konektor barrel.

Soul Press tidak memiliki saklar On/Off khusus untuk baterai. Supaya energi baterai tidak cepat habis, maka setiap kali tidak digunakan, kabel gitar harus dicabut dari jack INPUT untuk mematikan suplai arus dari baterai. Dalam mode sebagai pedal ekspresi, walaupun unit ini dapat bekerja tanpa baterai, namun bila Anda ingin menggunakan baterai sebagai sumber energi untuk menyalakan lampu indikator sesuai dengan status pedal ekspresi dalam keadaan On atau Off, maka Anda harus mencolok kabel gitar ke jack INPUT.

Anda bisa mendapatkan pedal ekspresi dengan harga lebih murah (harga Roland EV-5 cuma rp 750 ribu, bandingkan dengan Soul Press rp. 1,35 juta), namun bila ukuran yang kecil namun tetap ergonomis adalah segalanya, maka tidak ada yang dapat mengalahkan Soul Press.





3 komentar:

  1. Lalu jika out nya gunakan TRS, lalu gimana tehnisnyajika disambung ke input stompbox setelahnya yg inputnya mono (TS), setelah di coba secara tehnis, coneksi dari output TRS hotone (arus sinyal "ring" dari output hotone TRS) malah masuk ke "sleeve" di jack TS input pedal stompbox setelahnya ( apa ndak korsleting)

    BalasHapus
  2. Lalu jika out nya gunakan TRS, lalu gimana tehnisnyajika disambung ke input stompbox setelahnya yg inputnya mono (TS), setelah di coba secara tehnis, coneksi dari output TRS hotone (arus sinyal "ring" dari output hotone TRS) malah masuk ke "sleeve" di jack TS input pedal stompbox setelahnya ( apa ndak korsleting)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila Anda menggunakan Soul Press sebagai unit Wah-wah atau pengatur volume, maka gunakan kabel TS untuk disambung ke input stompbox setelahnya.

      Jika Anda menggunakan Soul Press sebagi pedal Ekspresi, maka gunakanlah kabel TRS dan seperti kita ketahui, pedal ekspresi tidak disambungkan ke rangkaian stompboxes, tapi disambung ke input ekpression peralatan yang memang membutuhkan control ekspresi.

      Demikian semoga tidak bingung.

      Hapus